Mitos-mitos Seputar Kehamilan dan Melahirkan

Banyak mitos berkembang di masyarakat mengenai kehamilan. Namun, banyak juga yang perlu diteliti kebenarannya. Beberapa mitos dapat bertahan karena memberikan nasehat sesuai dengan pengalaman sehari-hari. Namun, banyak mitos, terutama sekitar kehamilan dan melahirkan, terbukti salah dan tidak sesuai dengan kemajuan kedokteran dan teknologi.

1. MITOS   : Selama hamil tidak boleh makan udang karena nanti bayi tidak bisa lancar lahirnya, hanya maju mundur saja.

FAKTA : Proses persalinan akan selalu didahului dengan posisi kepala yang maju mundur dulu sebelum ibu dapat mengejan dengan  baik untuk mendorong bayi keluar. Sedangkan udang merupakan sumber zat pembangun yang sangat baik bagi ibu hamil.

 

2. MITOS : Minum air es sewaktu hamil bisa membuat tubuh bayi besar sehingga akan susah melahirkan

FAKTA : Air es tidak menyebabkan bayi menjadi besar. Unsur yang bisa menyebabkan bayi menjadi besar adalah gula atau sirup yang diminum bersama air es

 

3. MITOS : Janin akan tumbuh lebih besar dan sehat jika ibu makan banyak

FAKTA : Bagi ibu hamil,hal yang penting adalah makan secukupnya dan tidak terlalu gemuk. Kegemukan saat hamil, rentan terkena diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan ) dan proses persalinan yang sulit.

 

4. MITOS  : Minum air rebusan kacang hijau bisa membuat rambut bayi menjadi tebal

  FAKTA : Kondisi rambut serta jenisnya ditentukan oleh faktor genetik, jadi tidak ada hubungannya dengan air rebusan kacang hijau

 

5. MITOS : Jangan melilitkan handuk/selendang di leher saat hamil karena akan terjadi lilitan tali pusat  pada bayi dan sulit melahirkan

     FAKTA : Lilitan tali pusat dapat terjadi karena di dalam kandungan janin dapat berputar-putar akibat adanya cairan ketuban

 

6. MITOS : Minum air kelapa akan menghaluskan kulit bayi. Sedangkan jika sering mengkonsumsi kedelai maka kulit bayi akan putih

FAKTA : Warna kulit bayi tergantung dari faktor genetik  yang diturunkan oleh orang tuanya, tidak ada dari pengaruh faktor makanan.

 

7. MITOS :  Setelah melahirkan ibu tidak boleh makan ikan karena nanti darah yang keluar akan berbau amis.

FAKTA : Darah yang keluar memang berbau amis, namun jika berbau busuk kemungkinan ada infeksi

 

8. MITOS : Setelah melahirkan ibu tidak boleh makan makanan yang berkuah, karena nanti vagina akan basah terus

FAKTA : Pada masa nifas pasti akan ada cairan yang keluar dari vagina.

 

9.  MITOS : Pada saat hamil jangan makan buah-buahan yang menggantung seperti pepaya, mangga, dll. Karena bisa menyebabkan ari-ari tidak bisa keluar dan rahim turun.

FAKTA : Buah-buahan merupakan sumber vitamin, mengandung banyak serat, baik untuk ibu hamil dan mencegah supaya ibu tidak sembelit (susah BAB).

 

10. MITOS : USG berbahaya jika dilakukan setiap kali periksa hamil

FAKTA :    pemeriksaan USG tidak menyebabkan  gangguan pada ibu dan janin. USG sangat aman karena gelombang suara yang digunakan berfrekwensi 20.000 hertz dan dipakai secara menyebar.

 

11. MITOS : Jika susah melahirkan, minum saja rendaman rumput fatimah

FAKTA : Rumput fatimah atau yang dikenal dengan nama Labisia pumila ini, berdasarkan kajian obat-obatan tradisional Sabah, Malaysia 1998, dikatakan mengandung hormon oksitosin, yang dapat membantu menimbulkan kontraksi. Biasanya, rumput fatimah ini direndam dalam air hingga mengembang, kemudian air rendamannya diminum. Di Malaysia, air rendaman rumput ini juga digunakan oleh para ibu setelah persalinan, untuk membantu pemulihan kontraksi setelah melahirkan. Namun, karena obat ini merupakan obat tradisional, takarannya belum jelas.

 

12. MITOS : Ibu hamil tidak boleh melayat orang yang meninggal, karena nanti bayinya dapat sakit

FAKTA : Melayat merupakan kegiatan sosial dan tidak ada hubungannya dengan keadaan bayi dalam kandungan

 

13. MITOS : Pada saat hamil jangan makan atau duduk di depan pintu, karena bayi tidak dapat lahir secara spontan.

FAKTA : Makan atau duduk di depan pintu sangat mengganggu orang yang akan lewat, apalagi jika pintu rumah hanya satu-satunya.

 

14. MITOS : Pada saat hamil jangan mandi dengan pakaian basah karena ketuban bisa pecah dini.

FAKTA : Ketuban pecah dini terjadi akibat tipisnya selaput ketuban dengan beban kandungan yang cukup berat atau akibat hubungan seks pada akhir kehamilan.

 

15. MITOS : Pada saat ibu hamil, suaminya tidak boleh bercukur karena akan menyebabkan bayinya cacat atau buta

FAKTA : Tidak ada kaitan bercukur dengan bayi cacat dan buta

 

16. MITOS    : Pada saat hamil atau melahirkan tidak boleh memotong ayam atau bebek karena nanti leher bayi bisa lecet dan kemerahan

FAKTA : Leher bayi yang lecet dan kemerahan biasanya karena bayi diberi bedak di daerah leher saat berkeringat sehingga menyebabkan lecet.

 

17. MITOS : Ibu hamil dan suami tidak boleh memeras baju sambil dipelintir karena nanti bayinya suka menggeliat

FAKTA : Bayi memang suka menggeliat dan hal ini bukanlah suatu kelainan .

 

18. MITOS : Bila denyut jantung bayi kurang dari 140, bayinya laki-laki

FAKTA : Hal ini tidak benar.

 

19. MITOS : Jangan menyusui bayi selama hamil, karena bayi dalam kandungan memerlukan makanan.

FAKTA : Bila ibu sehat, menyusui selama kehamilan tidak bahaya, bagi ibu atau janin.  ibu dilarang menyusui selama hamil jika ibunya kurang gizi, kurang berat badan atau beresiko lahir prematur.

 

20. MITOS : Jika kehamilan sudah cukup bulan dan ingin segera melahirkan, coba berhubungan intim dengan suami.

FAKTA : Mitos ini ada benarnya, karena kandungan prostaglandin dalam sperma bisa memperpecat matangnya serviks sehingga jalan lahir menjadi mudah terbuka karena leher serviksnya lunak.

 

21. MITOS : Mengkonsumsi makanan pedas menyebabkan ibu hamil tua cepat melahirkan

FAKTA : Sebenarnya ibu hamil tidak ada pantangan makanan tertentu dan tidak ada hubungan dengan cepat melahirkan.

 

22. MITOS : Menyematkan benda tajam pada baju atau bawang merah akan melindungi janin dari gangguan jin atau makhluk halus

FAKTA : Ibu hamil harus dalam keadaaa tenang dan banya berdoa demi bayinya, bayi dalam kandungan hanya dipengaruhi dari faktor makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi ibu

 

23. MITOS  : Tidak boleh memotong atau menjahit baju selama hamil karena anak yang dilahirkan akan sumbing bibirnya.

FAKTA : Bibir sumbing disebabkan faktor obat-obatan yang diminum oleh ibu selama hamil, efek samping radiasi, faktor keturunan atau menikah dengan kerabat  yang dekat.

 

Sekarang, mitos mana yang masih menimbulkan tanda tanya bagi ibu? Untuk diingat, sebelum dapat dijelaskan dengan akal sehat, jangan terlalu terpengaruh dengan berbagai mitos yang bisa membingungkan ibu