Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil

Saat-saat menjalani kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan bagi seorang Ibu. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu hamil untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh Ibu hamil:

1. Daging yang setengah matang atau mentah

Daging yang tidak dimasak secara sempurna bisa mengandung bakteri Toksoplasma dan Escheria Coli yang dapat menyebabkan infeksi pada janin dan bisa berakibat keguguran.

2. Sayuran yang mentah dan tidak dicuci dengan bersih

Sayuran yang dikonsumsi mentah dan dicuci secara tidak bersih bisa menimbulkan bakteri toksoplasma dari kotoran yang menempel pada sayuran. Bakteri Toksoplasma sangat berbahaya bagi kesehatan janin.

3. Ikan yang dimasak setengah matang atau mentah

Ikan yang akan dikonsumsi sebaiknya dimasak dengan sempurna karena ikan, terutama yang berukuran besar mengandung merkuri yang berbahaya bagi perkembangan otak bayi.

4. Telur setengah matang atau mentah

Telur yang dimasak setengah matang ataupun telur mentah bisa terkontaminasi bakteri Salmonella yang bisa membahayakan bagi Ibu hamil.

5. Keju lunak dan susu yang tidak dipasteurisasi

Keju atau susu yang tidak mengalami pasteurisasi bisa mengandung bakteri Listeria yang bisa memicu terjadinya keracunan makanan sehingga berakibat pada keguguran.

6. Kopi, teh dan minuman bersoda yang mengandung kafein dalam dosis tinggi

Sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein secara berlebihan karena bisa menyebabkan terjadinya berat badan rendah pada bayi dan keguguran.

7. Minuman yang mengandung alkohol

Ibu hamil yang mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan kelainan perkembangan pada janin, kelainan fisik, maupun kelainan sistem saraf pusat.

Mengingat makanan yang dikonsumsi oleh Ibu hamil sangat berpengaruh bagi kesehatan dan perkembangan bayi diharapkan Ibu hamil lebih bijak dan cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Tags: , ,

Leave a Reply