Haruskah Cuci Darah pada Penyakit Ginjal?

Divonis sakit ginjal dan dinyatakan harus cuci darah?

Sebegitu parahkah jika cuci darah tidak dilakukan?

Mengapa harus cuci darah ?

Jika Anda atau keluarga atau mungkin kenalan Anda adalah  pengidap penyakit ginjal  dan telah dinyatakan mengalami gagal ginjal berdasarkan pemeriksaan dokter dan hasil laboratorium, pasti hal-hal semacam itu pernah terpikirkan oleh Anda bukan.

Mengapa penderita gagal ginjal harus cuci darah?

Tentu saja, karena ginjalnya rusak !

Pada hakikatnya ginjal kita sebenarnya adalah mesin pencuci darah alami. Fungsi utamanya adalah menyaring darah kemudian memilah-milah antara zat yang masih berguna bagi tubuh atau sampah hasil metabolisme yang perlu untuk dibuang. Kebanyakan sampah hasil metabolisme tersebut jika tidak dibuang akan menumpuk yang jika jumlahnya melebihi kemampuan tubuh akan bersifat racun dan membahayakan tubuh.

Mari cerita sedikit tentang rupa dan bentuk si ginjal ini.

Kita memiliki sepasang ginjal, kanan dan kiri. masing masing di sekitar pinggang bagian belakang. Bentuknya seperti kacang dengan berat sekitar 150 gram, ukuran kira-kira 11x6x3 cm,  dan berwarna coklat kemerahan.

Fungsi ‘pencucinya’ dimana?

Di dalam ginjal terdapat satuan ‘pencuci’ yang kita sebut sebagai nefron. Dan kita memiliki unit pencuci ini sebanyak sekitar 2 juta pada ginjal kanan dan kiri kita. Nah, di dalam nefron inilah darah kita dicuci.

Bagaimana prosesnya?

Di dalam nefron, pembuluh-pembuluh darah kita akan terjalin tipis dan dikelilingi oleh unit penyaring yang namanya Capsula Bowman dan tubulus-tubulus ginjal. Ketika darah lewat di dalam pembuluh darah tersebut zat-zat dalam darah yang tidak lagi berguna ataupun beracun dari dalam darah akan diserap dan disaring  oleh si-Capsula Bowman dan tubulus tersebut. Kemudian terus dibawa sambil terus dipilah-pilah hingga hasil akhir proses penyaringan ini adalah urin.

Nah, pada penderita gagal ginjal, fungsi ini akan berkurang bahkan bisa hilang. Akibatnya, zat-zat sampah dan sisa metabolisme dalam darah tidak bisa dikeluarkan. Menumpuk dan apabila mencapai ambang toleransi tubuh akan bersifat racun. Karena itulah perlu cuci darah.

Cuci darah disini maksudnya adalah menggantikan fungsi ginjal yang rusak tersebut dengan mesin buatan. Darah dalam tubuh kita dilewatkan pada mesin untuk disaring dan dibersihkan (prosesnya mirip dengan penjelas di atas). Proses cuci darah inilah yang disebut Hemodialisa.

Lalu, kapan seseorang dinyatakan harus cuci darah?

Tentu saja jika kerusakan ginjalnya sudah parah.

Batasan keparahan gagal ginjal dibagi menjadi 5 stadium dan yang memerlukan terapi pengganti ginjal  (cuci darah) adalah gagal ginjal stadium 5.

Pemeriksaan darah dan urin akan dilakukan untuk menilai seberapa parah kerusakan ginjal yang telah terjadi.  Dihitung Laju Filtrasi Glomerolus/LFG (fungsi filtrasi ginjal) dengan rumus dan perhitungan sehingga didapatkan pada stadium mana gagal ginjal sedang terjadi. Berikut stadium gagal ginjal berdasarkan nilai LFG :

Stadium 1       : LFG => 90 ml/menit/1,73m2

Stadium 2      : LFG 60-89 ml/menit/1,73m2

Stadium 3      : LFG 30-59 ml/menit/1,73m2

Stadium 4      : LFG 15-29 ml/menit/1,73m2

Stadium 5      : LFG < 15 ml/menit/1,73m2

Berbahayakan jika cuci darah tidak dilakukan ?

Seperti yang telah disebutkan diatas, gagal ginjal menyebabkan menumpuknya sisa-sisa metabolisme tubuh. Sama saja seperti sampah yang lama kelamaan tidak dibuang akan menumpuk dan membusuk lalu mencemari lingkungan. Begitu juga dengan sampah metabolik tubuh kita.

Salah satu indikator yang sering dipakai adalah kadar Ureum darah. Nilai normalnya berkisar 15-40 mg/dl. Jumlah ureum yang terlampau banyak dalam darah akan membahayakan tubuh karena dapat bersifat racun yang lama kelamaan bisa merusak otak. Jika telah sampai ke otak dikenal dengan Uremic Encephalopathy yang salah satu gejala utamanya dapat berupa penurunan kesadaran.

Jadi, kira-kira sekarang sudah tahu kan mengapa harus cuci darah, kapan harus cuci darah dan apa bahayanya jika tidak cuci darah.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN