Tak Ada Calo Tiket KA Mulai September 2012

Melihat semakin tingginya arus  mudik lebaran yang terjadi, pihak Manajemen PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) telah mengantisipasi terjadinya calo tiket yang semakin membludak karena tingginya permintaan tiket kereta api pada musim mudik lebaran. Manajemen PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai memberlakukan kebijakan boarding pass. Kebijakan boarding pass ini sangat efektif untuk mengurangi calo yang ada di stasiun dikarenakan peraturan yang mewajibkan nama yang ada pada tiket harus sesuai dengan identitas (KTP, SIM, dll) yang dimiliki si pemilik tiket. Jika tidak tentu akan ada sangsi yang akan mengenai si pembeli tiket.

Pada arus mudik kemarin, terjadi indikasi atas kurangnya sosialisasi mengenai kebijakan boarding pass yang telah diberlakukan oleh pihak KA untuk semua jenis kereta. Hasilnya  banyak sekali pembeli tiket yang terkena razia karena membeli tiket melalui calo. Pemilik tiket yang  yang identitasnya tidak sesuai dengan KTP, oleh petugas KA diyakini bahwa tiket diperoleh dari calo. Namun dikarenakan alasan kurangnya sosialisasi kebijakan boarding pass ini, banyak pengguna layanan kereta api yang masih belum paham adanya peraturan baru serta sangsi yang akan di kenakan jika melanggar.  Pihak KAI masih memberikan kelonggaran terhadap sejumlah pelanggaran pembelian tiket tersebut. Mereka yang terazia, bisa mendapat tiket pengganti, meski harus membayar denda 25% dari harga tiket. Tapi per 1 September, toleransi itu tidak ada lagi.

Mulai September ini, diharapkan kebijakan boarding pass benar-benar dijalankan sesuai dengan peraturan, tidak hanya kebijakan yang hanya wacana semata. Dengan terbebasnya calo tiket, akan semakin meningkatkan kenyamanan menggunakan kereta api serta menunjukan bahwa perkeretaapian Indonesia akan semakin maju.

So, untuk yang akan menggunakan kereta api mulai hari ini. Jangan sampai beli di calo ya! Sangsi telah diberlakukan lho! ;)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply