Pengertian Suku Bunga Deposito

Dunia perbankan memiliki begitu banyak produk yang ditawarkan baik yang bersifat simpanan maupun pinjaman, maka Anda yang ingin menjadi nasabah bank memiliki berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik simpanan maupun pinjaman yang disediakan oleh perbankan, masing-masing memiliki ikatan balas jasa bagi si pemilik uang, maksudnya adalah bila nasabah menyimpan uang di bank maka pihak bank akan memberikan balas jasa kepada nasabah, begitu pun sebaliknya bila bank memberikan pinjaman kepada nasabah maka bank akan menerima balas jasa dari nasabah. Balas jasa yang dimaksud disini biasa dikenal dengan bunga bank.

Salah satu produk simpanan yang sudah tidak asing lagi adalah deposito, yaitu jenis simpanan yang penarikan dananya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan perjanjian antara pihak nasabah dan bank. Deposit yang dilakukan nasabah biasanya memiliki jangka waktu antara 1 sampai 24 bulan.

Dalam rentang jangka waktu tersebut, bank memberikan bunga kepada nasabah tergantung dari lamanya deposito tersebut. Suku bunga deposito adalah nilai yang harus diberikan oleh pihak bank kepada nasabah sebagai imbalan atas simpanan nasabah saat ini yang akan dikembalikan bank di kemudian hari. Sama halnya dengan suku bunga simpanan yang lain, tingkat suku bunga ditentukan oleh beberapa faktor yang saling terkait satu sama lain bahkan antara simpanan dan pinjaman yang dikelola oleh bank pun ikut serta menjadi salah satu faktor penentu suku bunga yang diberlakukan oleh perbankan.

Biasanya suku bunga deposito yang berlaku antara 3% sampai 6% tergantung pada jangka waktu deposito itu sendiri, hal lain yang memengaruhi suku bunga deposito tentunya kebijakan dari masing-masing bank yang bersangkutan. Oleh karena itu bagi nasabah yang hendak melakukan deposito sebaiknya mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan misalnya tentang jangka waktu yang akan digunakan, bank mana yang akan dipilih berdasarakan suku bunga deposito yang ditawarkan, maupun nilai rupiah yang akan dijadikan deposito sehingga deposito yang dilakukan dapat maksimal.

Tags: ,

Leave a Reply