Pengertian Bunga Berjalan

Apakah Anda sudah menggunakan fasilitas perbankan? Fasilitas apa yang Anda gunakan? Penyimpanan uang atau peminjaman uang? Lalu, jika sudah menggunakannya apakah Anda memahami apa itu pengertian bunga berjalan?

Untuk masyarakat yang sudah menggunakan fasilitas perbankan dan memahami dengan baik pelayanan yang diberikan oleh pihak bank, bisa jadi Anda pun belum paham ada beberapa pilihan bunga yang ditawarkan. Artikel ini akan membantu Anda mengetahui dengan jelas apa itu bunga berjalan.

Sebelumnya tentu Anda sudah mendengar bahwa bunga bank masih dalam pro dan kontra mengenai kehalalannya. Namun, pasti Anda memiliki pendapat sendiri akan hal ini. Anda bisa menyatakan haram atau halal berdasarkan pada pendapat mana yang paling Anda sepakati.

Bunga berjalan berbeda dengan sistem bunga flat. Bunga flat merupakan sistem perhitungan bunga yang mengacu pada pokok hutang awal. Biasanya perhitungannya digunakan pada peminjaman barang konsumtif seperti handphone, mobil, dan produk lainnya. Perhitungan si bunga flat ini dibayarkan berbarengan dengan angsuran setiap bulannya.

Sedangkan bunga berjalan merupakan jenis perhitungan bunga yang dihitung berdasarkan hutang yang tersisa setelah dilakukan pembayaran setiap bulannya. Hal ini menyebabkan setiap bulan bunga yang harus dibayar semakin mengecil atau tidak sama antara satu bulan ke bulan berikutnya walaupun mungkin saja angsuran yang harus dilakukan sama besarnya. Sistem bunga berjalan ini biasanya diterapkan pada peminjaman produk yang lama pelunasannya seperti KPR rumah.

Kelebihan dari penggunaan sistem bunga berjalan ini adalah nominal bunga yang kita bayarkan jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan sistem bunga flat. Bahkan, bisa dua kali lebih kecil dibandingkan bunga flat. Selain itu, menggunakan sistem ini lebih berguna supaya Anda bisa lebih tenang membayar angsuran dalam waktu yang lama.

Nah, sekarang tidak bingung lagi kan mau memilih sistem bunga yang mana di bank? Dengan memahami perbedaan bunga bank Anda akan semakin tepat dan bijak menentukan pilihan pinjaman Anda. Dan, menggunakan sistem bunga berjalan adalah pilihan paling tepat bagi Anda!