Cara Menghadapi Pertanyaan Si Kecil

Anak yang cerdas selalu membuat orangtuanya pusing dengan berbagai pertanyaan. Aneh memang kita ini, anak yang pendiam membuat pusing, anak yang aktifpun memusingkan. Tapi, sejujurnya lebih baik si kecil aktif bertanya daripada diam saja.

Namun, tentu saja Anda sebagai orang tua harus sangat bijak menjawab setiap pertanyaan anak Anda. Cara menjawab pertanyaan si kecil tidak sama seperti Anda menjawab pertanyaan teman Anda. Perlu jawaban yang cerdas untuk pertanyaan yang cerdas.

Berikut di sampaikan cara menjawab pertanyaan si kecil dengan bijaksana:

1. Diam sejenak jika Anda tidak tahu jawabannya dibandingkan Anda menjawab dengan salah.

Tidak semua pertanyaannya bisa Anda jawab, Anda tidak perlu berlagak paling pintar di depannya. Jika pertanyaannya tidak bisa Anda jawab, diamlah sejenak dan kemudian Anda mengatakan, “Heeem, bagaimana kalau kita tanya ayah? Bunda nggak tahu nih jawabannya.” Si kecil akan mengangguk setuju.

2. Berikan pertanyaan balik kepada si kecil.

Pertanyaan dia yang membingungkan tidak perlu Anda jawab sekenanya, Anda malah bisa balik bertanya, “Jadi, maksud ade apa? Bunda belum paham” pertanyaan Anda akan membuat si kecil makin kreatif membuat pertanyaan.

3. Cari tahu jawaban bersama-sama dengannya.

Jika tidak tahu jawaban atas pertanyaan si kecil Anda juga bisa mengajaknya mencari tahu bersama-sama, “De, kita cari tahu yuk apa jawabannya di buku ini.” Si kecil pasti semangat menyambut ajakan Anda.

4. Sisipkan imajinasi pada jawaban ilmiah.

Jika jawaban yang akan Anda berikan sangat ilmiah, sebaiknya Anda menyisipkan imajinasi agar si kecil bisa mencerna jawabannya. Misalnya si kecil bertanya tentang darimana asalnya air, Anda bisa menjawab dengan sebuah dongeng yang menarik.

5. Jawablah pertanyaannya apapun yang ditanyakannya.

Menjawab semua pertanyaannya bukan berarti Anda sok tahu walau tidak tahu. Namun, Anda tetap menjawab walau dengan jawaban yang lebih diplomatis, “Nanti bunda jawab setelah bunda cari jawabannya disini ya?” kata Anda sambil membuka mister google.

Nah, sudah tahu kah cara menjawab pertanyaan si kecil dengan tepat? Yuk praktekkan…