Tips Aman Berbelanja Online

Tips aman berbelanja online dewasa ini merupakan sebuah informasi yang harus diketahui dan dimengerti oleh masyarakat, terutama mereka yang banyak terlibat melakukan pembelanjaan secara online. Berkembangnya perangkat teknologi, komunikasi dan informasi terbukti menjadi salah satu faktor penyebab berubahnya perilaku masyarakat. Salah satunya adalah perkembangan jaringan internet merubah perilaku masyarakat dengan telah beralihnya system berbelanja dari berbelanja cara langsung dan belanja secara tidak langsung seperti berbelanja pada media – media online. Secara umum perubahan ini tidaklah signifikan jika dibandingkan dengan cara masyarakat umumnya dalam melaksanakan belanja secara konvensional. Mengapa hal ini terjadi? Karena dalam beberapa kasus banyaknya penipuan oleh oknum – oknum tertentu yang merugikan beberapa pihak ketika melakukan transaksi belanja online.

Beberapa tips aman berbelanja online yang dapat dipelajari :

1. Teliti dengan seksama situs web tempat anda belanja
Hal ini penting untuk menghindari penipuan oleh situs – situs fiktif yang sengaja dibuat untuk menipu pelanggannya. Cari nomor telepon si penjual atau pedagang dan coba hubungi untuk mengecek kebenarannya. Kalau anda belum cukup yakin cobalah cari ulasan tentang situs tersebut di mesin pencari. Hal ini sangatlah membantu anda untuk mengenai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap situs tersebut.

2. Baca kebijakan situs dalam menjaga data pribadi anda
Sangat hati hatilah dalam memberikan data pribadi anda jika pengelola situs web tidak menyatakan merahasiakan data pribadi anda kepada pihak lain. Selain itu, pelajari kebijakan dalam bertransaksi terutama mengenai pembelian dan pengembalian barang.

3. Lihat detail produk yang ditawarkan
Bacalah dengan hati–hati spesifikasi produk, display produk dan harga sebuah produk. Hati hatilah dengan barang–barang bermerk dengan kualitas super jika dijual dengan potongan harga yang fantastis maka waspada dan curigailah.

4. Ingat, jangan tergiur dengan harga murah
Semakin murah harga sebuah barang tapi produk yang ditawarkan sangatlah baik kualitasnya. Kemungkinan situs itu melakukan penipuan sangat besar. Lihat detail situs tersebut dan check dengan seksama seperti langkah pada nomor satu.

5. Sistem pembayaran
Pada umumnya transaksi online dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Dengan kartu kredit, anda memiliki bukti pembayaran yang kuat hal ini untuk mengantisipasi barang yang anda beli belum sampai ditangan anda. Tetapi ada beberapa alternative lainnya seperti pembayaran online semacam PayPal, transfer kirim, atau COD.

6. Lakukan perbandingan harga
Setelah mengetahui harga barang, harga paketan barang serta ongkos kirim, sebaiknya anda mencari perbandingan dengan barang serupa yang ditawarkan oleh suatu toko online pada situs lainnya.

Semoga setelah membaca tips aman berbelanja online, anda bisa melaksanakan transaksi secara online dengan aman dan anda mendapatkan barang – barang yang anda inginkan.