Tampil Cantik Saat Hamil dengan Kosmetik yang Aman bagi Janin

Cantik saat hamil menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu, terutama mereka yang telah memasuki trimester kedua. Perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan memicu perubahan bentuk fisik seperti kulit yang terlihat kusam, kering ataupun berminyak dan berjerawat. Namun demikian, menjaga kecantikan saat hamil harus pula diimbangi dengan kesadaran pemilihan produk kecantikan agar tidak membahayakan perkembangan janin.

Cantik Saat Hamil: Memilih Kosmetik Aman

Kosmetik yang diaplikasikan pada kulit memiliki potensi terserap ke dalam tubuh dan terbawa pada aliran darah. Pada ibu hamil, potensi ini juga mengindikasikan adanya kemungkinan substansi kimia dalam kosmetik bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin. Kosmetik berbahan organik dan herbal lebih dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil daripada kosmetik yang berbahan kimia.

Beberapa kandungan kosmetik yang harus dihindari oleh ibu hamil antara lain:

  • Asam salisilat, retinol, retinoid, dan benzoil peroksida. Bahan kimia ini terkandung pada obat jerawat dan juga krim anti penuaan. Konsultasikan pada dokter tentang bahan aktif obat jerawat yang sebaiknya digunakan jika Anda ingin menghilangkan jerawat dan bercak hitam di wajah pada masa kehamilan.
  • Phthalate. Bahan ini banyak ditemukan pada cat kuku dan hairspray. Bila terhirup atau masuk ke organ dalam tubuh, bahan kimia ini berpotensi mempengaruhi pembentukan organ janin. Jika Anda ingin menata rambut, gunakan mousse atau gel rambut yang tidak terhirup ataupun terserap oleh kulit. Gunakan cat kuku yang bebas phthalate atau berbahan organik, atau hindari pemakaian cat kuku selama masa kehamilan.
  • Pewangi dan timbal. Kedua bahan ini biasa ditemukan pada kosmetik rias. Pilih kosmetik berbahan dasar organik dan tidak menggunakan pewangi untuk kebutuhan tata rias Anda. Sebaiknya gunakan tata rias tipis dan secukupnya selama masa kehamilan untuk mencegah timbulnya jerawat dan efek kimia dari kosmetik yang digunakan. Penggunaan pelembab dan tabir surya dapat menjadi alternatif untuk menjaga kelembaban dan mengurangi pigmentasi kulit, tentu saja dengan memperhatikan bahan aktif yang terkandung dalam kosmetik tersebut.

Cantik Saat Hamil: Pilihan Busana

Cantik saat hamil juga berkaitan dengan pemilihan busana. Pilih busana yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda dan terbuat dari bahan yang nyaman seperti katun. Dress berpotongan A-line menjadi pilihan aman untuk busana hamil.

Hindari pemakaian bahan yang tidak menyerap keringat seperti nilon, jins dan polyester selama kehamilan. Jika ingin melakukan perawatan di salon kecantikan, pastikan mereka menggunakan kosmetik berbahan dasar organik atau herbal untuk menunjang Anda tampil cantik saat hamil.

 

Tags: , , ,

5 Responses to “Tampil Cantik Saat Hamil dengan Kosmetik yang Aman bagi Janin”

  1. Jesica says:

    Cantik saat hamil sekarang bukan lagi kendala dong ya sist hehe. Nice info.

  2. baju hamil says:

    walaupun kondisi badan sudah tidak seperti sebelum hamil, ibu hamil ya..tp tetap harus menjaga kondisi biar tetap kelihatan cantik :0

  3. meta says:

    klo masa menyusui boleh gak sist pake kutek? Kutek jenis apa yg boleh?
    Thanks utk infonya ya sist.

  4. vj says:

    wahh pasti sangat cantik sekali yaaa..

  5. Arliyanti says:

    Cantik dan wangi hem..pasti janinnya nyaman dg ibu.

Leave a Reply