Mengatasi Alergi Air Susu Ibu (ASI) pada Bayi

Bagaimana cara mengatasi alergi ASI pada bayi? Ini merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh ibu – ibu yang bayinya alergi terhadap ASI. Apakah ini mungkin? Padahal ASI adalah sumber makanan yang utama bagi bayi. Namun ternyata memang dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa beberapa bayi alergi terhadap ASI. Lalu apa solusi untuk asupan gizinya? Seorang ibu harus segera berkonsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan saran terbaik. Pada beberapa bayi disarankan untuk memberikan air dari sari rebusan beras sebelum air tersebut habis menguap. Air dari rebusan beras yang ditanak ini cukup memberikan asupan gizi dengan kandungan vitamin B kompleks bagi sang bayi. Namun tentu masih dibutuhkan tambahan nutrisi lainnya, sementara mungkin usia bayi belum memungkinkan untuk diberikan berbagai makanan tambahan yang lain, termasuk juga buah – buahan dan sayuran.

Jus merupakan salah satu alternatif yang bisa diberikan juga, namun buah yang bisa diberikan harus dikonsultasikan ke dokter dahulu. Salah satu buah yang sering disarankan sebagai tambahan makanan bagi bayi adalah buah pisang Ambon, jeruk, apel. Namun sebenarnya tidak terbatas itu saja, buah lain juga bisa diberikan yang terpenting adalah buah harus dijus atau diambil sarinya saja, karena organ pencernaan bayi masih belum sempurna, masih dalam tahap perkembangan. Ini merupakan salah satu alternative untuk mengatasi alergi ASI pada bayi.

Jika kita sudah memberikan buah dalam bentuk sari, kita juga bisa menambahkan jus sayuran seperti jus wortel, jus brokoli. Jus brokoli ini sangat bagus, karena kandungan brokoli sangat bermanfaat dengan kandungan kalsiumnya dan berbagai mineral penting yang membantu perkembangan buah hati. Atau Anda bisa mengkombinasikan antara dua buah jus sayur dengan jus buah di hari berikutnya agar bayi tidak bosan.

Ingat, bahwa jus sayur atau buah saja tidak cukup, karena itu diberikan air rebusan nasi yang hampir habis saat ditanak. Air rebusan beras ini akan memberikan energy karena mengandung sari karbohidrat dari nasi. Dokter tentu akan menambahkan nutrisi seperti minyak ikan yang mengandung DHA bagi bayi Anda, serta tambahan nutrisi lain agar perkembangan anak Anda tetap terjaga. Jadi, saat Anda mendapati bahwa anak Anda alergi terhadap ASI, jangan berkecil hati dulu, karena selalu ada jalan bagaimana mengatasi alergi ASI pada bayi Anda.