Mobil Matic Vs Manual: Kenali Kelebihan Dan Kekurangannya

Mobil matic vs manual. Mana Yang Lebih Baik? Pertanyaan inilah yang mungkin ada dalam benak saat ingin membeli mobil. Jadi, mana yang akan menjadi pilihan? Sebaiknya sebelum menjatuhkan pilihan, kenali dulu perbedaan, keunggulan serta kelemahan masing-masing jenis mobil ini. Sehingga tidak akan salah dengan pilihan yang dijatuhkan.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Matic


Kenali Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Manual
Keunggulan utama dari mobil bertransmisi matic tentunya lebih praktis untuk dikendarai karena tidak perlu repot, jadi mengendarai mobil matic lebih santai dan menyenangkan. Namun demikian pemilik mobil matic harus lebih rajin melakukan perawatan dibanding yang manual agar mesin tetap awet, tentu saja pemilik sedikit lebih banyak mengeluarkan uang untuk biaya perawatan. Kekurangan lain dari mobil bertransmisi otomatis adalah pergantian oli harus lebih sering. Lantas bagaimana dengan pemakaian BBM? Banyak persepsi mengatakan bahwa mobil berjenis ini lebih boros ketimbang yang manual. Kenyataannya tidak lah begitu benar, jika jalan yang dilalui mulus tanpa hambatan, pemakaian BBM cenderung biasa-biasa saja, kecuali untuk medan yang berat seperti banyak tanjakan, jalan berlobang rusak, macet dll, minyak yang dihabiskan lebih banyak, karena tenaga yang digunakan juga lebih besar.

Keunggulan mobil bertransmisi manual adalah perawatannya lebih mudah dan tidak begitu rewel, otomatis pengguna mobil jenis ini tidak begitu banyak mengeluarkan biaya perawatan dibanding mobil matic. Akselerasi mobil bertransmisi manual cenderung lebih responsif. Apakah mobil manual lebih hemat? Soal hemat atau tidaknya, sangat tergantung dari pengemudi itu sendiri, jika dia berkendara dengan tehnik yang baik dan benar, minyak yang dihabiskan tidak akan terlalu banyak. Kelemahan mobil bertransmisi manual ini adalah saat mengendarai khususnya untuk perjalanan yang panjang cukup melelahkan apalagi untuk kaki bagian kiri.

Harga Mobil Matic Vs Manual, Mana Yang Lebih Mahal?

Bagaimana dengan harga jualnya? Untuk perbandingan harga, pada umumnya harga mobil matic dibandrol lebih tinggi dari pada harga mobil bertransmisi manual. Perbedaan harganya bisa dari lima hingga dua puluh jutaan. Tiap merk mobil mempunyai perbedaan jual masing-masing. Sementara untuk mobil bekas pakai, perbedaan harga jual antara mobil matic dengan manual tidaklah begitu mencolok, biasanya hanya terpaut sekitar dua sampai tiga jutaan. Nah jika benar-benar tertarik untuk membeli mobil bertransmisi otomatis tapi dengan dana yang terbatas, barangkali membeli mobil matic bekas bisa menjadi pilihan yang pas.

Lantas bagaimana cara membuat pilihan yang tepat? Mengingat masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, saat hendak membeli sebuah mobil dan dihadapkan pada pilihan mobil matic vs manual, sebaiknya pilih mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.