Pergaulan Bebas-Akibat Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas

prostitution-effect3

Penyalah gunaan narkoba yang semakin memprihatinkan, dan tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), khususnya di kalangan remaja, salah satu penyebabnya adalah akibat pergaulan bebas. Berdasarkan dari sebuah penelitian di 12 kota di Indonesia menunjukkan 10-31% remaja yang belum menikah sudah pernah melakukan hubungan seksual dan penderita HIV/AIDS tercatat 623 orang, sebagian besar menyerang usia produktif, yaitu usia 20 sampai 45 tahun.

Semakin banyaknya penderita HIV/AIDS memberikan gambaran bahwa pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja melalui pendidik (konselor) sebaya menjadi sangat penting.

Salah satu usaha pemberdayaan masyarakat yang bertujuan menumbuhkan kesadaran dan peran serta individu memberikan solusi kepada teman sebaya yang mengalami masalah kesehatan reproduksi adalah dengan membangun pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja, namun yang paling terpenting adalah pendidikan dari lingkungan dan keluarga.

Kurangnya perhatian orang tua, dan kurangnya penanaman nilai nilai agama terhadap anak remaja, membuat mereka dengan mudah terpengaruh terhadap lingkungan dan terjun ke pergaulan bebas. Bebas melakukan apa yang mereka mau, termasuk sex bebas, mengkonsumsi minuman keras (miras) dan narkoba, terlibat perkelahian dan kriminal lainnya. Ini hanyalah sebagian kecil dari Contoh pergaulan bebas yang sering di jumpai di kalangan remaja dan pelajar.

Saat ini, yang terpenting adalah bagaimana remaja dapat menempatkan diri sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan norma agama dan norma yang berlaku di dalam masyarakat,, dan yang paling penting adalah peran serta orangtua dalam memperhatikan tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pendidikan agama, memberikan pendidikan seks yang benar. Oleh sebab itu permasalahan ini merupakan tugas seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali, agar menjadi sebuah proritas dalam penanganannya agar masalah seperti ini bisa ditanggulangi.