Cara Ber-KB Alami yang Mudah dan Aman

Pada masa kini, perencanaan dalam sebuah keluarga merupakan suatu kebutuhan sekaligus keharusan. Seiring perubahan jaman yang sangat pesat dan diikuti dengan banyaknya tantangan yang dihadapi, merencanakan jumlah anak dalam suatu keluarga adalah suatu keputusan yang bijaksana. Terkait dengan hal tersebut, beragam cara ber-KB ditawarkan, baik dengan konstrasepsi hormonal (pil, susuk, suntik) maupun dengan alat (spiral, kondom, dll). Selain KB dengan alat kontrasepsi, dikenal pula cara KB Alami (tanpa alat kontrasepsi), yaitu sistem kalender dan Metode Ovulasi Billing (MOB). 

Sistem kalender yang telah banyak dikenal mempunyai kelemahan terkait dengan panjang-pendeknya siklus haid seseorang yang tidak sama dan bahkan tidak teratur. Hal ini sering kali membuat ketidakyakinan seorang perempuan mengenai kondisi kesuburannya.

Dalam MOB yang ditemukan oleh DR. J.J Billing, seseorang akan mengerti dan yakin akan kondisi kesuburannya dengan cara mengamati apa yang terjadi pada dirinya. Ber-KB dengan MOB dapat diterapkan tanpa perlu khawatir dengan ketidakteraturan siklus haid seseorang.

 

Masa Subur

Masa Subur ditandai dengan munculnya lendir kesuburan dari vagina.  Pada hari pertama, lendir yang muncul cukup pekat (keruh dan lengket). Hari berikutnya lendir yang keluar akan semakin encer dan licin. Hari terakhir keluarnya lendir yang licin tersebut adalah puncak masa subur (terjadi ovulasi). Dan masa subur ini akan berlangsung sampai dengan tiga hari sesudah ovulasi.

 

Masa Tidak Subur

Masa Tidak Subur ditandai dengan:

- masa kering (tidak ada lendir keluar dari vagina) sesudah masa menstruasi.

- masa kering sesudah masa subur sampai dengan datangnya masa menstruasi.

Panjang masa kering antara masa sesudah menstruasi sampai dengan masa subur tergantung pada panjang siklus haid seseorang. Terkadang menjelang menstruasi muncul kembali lendir pekat, namun lendir tersebut bukanlah lendir kesuburan. Pada masa tidak subur inilah saat aman untuk melakukan hubungan intim tanpa khawatir terjadi kehamilan.

 

 

 

M

MTS

MS

MTS

M

 

 

Keterangan:

M         = Menstruasi

MTS    = Masa Tidak Subur

MS      = Masa Subur

 

Yang perlu dilakukan seorang perempuan dalam menerapkan metode ini membiasakan diri mengamati kondisi tubuhnya sendiri setiap hari. Dan yang sangat penting adalah kerja sama dan pengertian dari pasangan.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN