Tips Mengolah Daging Kambing

Hari raya kurban identik dengan daging kambing. Jika daging yang didapat tidak diolah dengan baik maka hasilnya tentu akan mengecewakan.

Meski sama – sama daging, pengolahan daging sapi dengan kambing sangat berbeda dalam pengolahannya. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dalam mengolah daging kambing ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan diantaranya dalam hal pemilihan, penyimpanan dan memasak.

Daging kambing yang kualitasnya bagus adalah memilih yang berwarna segar , tekstur daging kenyal dan lentur, bersih saat membelinya karena daging kambing tidak boleh dicuci, serta baunya yang khas ( bau prengus ).

Dalam hal penyimpanan jika terlanjur membeli dalam jumlah banyak sebaiknya disimpan dalam freezer dan ambil sesuai kebutuhan saat akan memasaknya. Selain itu daging juga bisa di stok sambil direndam bumbu agar meresap betul.

Dan tips terakhir dalam hal memasak agar daging tidak keras , dapat memakai trik berikut:

1. Lumuri daging dengan baking powder atau tenderizer ( bubuk papain )

2. Bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas atau parutan nanas.

3. Tusuk-tusuk dulu daging sebelum dilumuri baking powder atau tenderizer agar zat pelembut daging bisa masuk sampai kedalam.

4. Iris daginng jangan terlalu tebal karena makin tebal makin sulit pengempuk daging meresap.

5. Rebus dalam presto untuk daging yang dibuat soto atau sop.

6. Jika dipakai untuk sate, sebaiknya pilih bagian yang tekturnya lembut  karena langsung dibakar diatas api. bagian yang cocok adalah daging has atau bagian paha atas.

Selamat mencoba …

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply