Tips Menghadapi Jerawat di Usia 30an

Siapa bilang menginjak usia 30an akan terbebas dari jerawat? Ini terjadi karena metabolisme tubuh yang mulai tak seimbang. Disebabkan oleh stres, hormon, dan pola hidup tak sehat. Akibatnya, regenerasi sel kulit tak sempurna dan kadar minyak dan air di kulit tak berimbang sehingga kotoran menyumbat dan muncul jerawat.

Di usia ini umumnya wanita sudah mulai tergoda mencoba aneka produk kosmetik dan perawatan kulit. Faktor coba-coba yang tak melalui konsultasi ahli inilah yang membuat kulit menjadi sensitif dan jerawat pun bermunculan.

Hindari kosmetik yang mengandung zat yang bersifat pengelupasan karena memicu iritasi. Akibatnya kulit menjadi sensitif dan kemerahan. Sebaiknya gunakan produk perawatan berbahan alami.

Untuk mengatasi kemerahan pada kulit, pilihlah masker jenis soothing yang menyejukkan dan memberi rasa nyaman di kulit.

Bila kulit sedang sensitif, hindari facial. Jangan ambil resiko, harus dikonsultasikan dengan dokter ahli untuk mengatasinya. Cegah jerawat dengan menjaga kebersihan kulit wajah dengan melakukan scrubbing menggunakan produk yang diformulasi untuk kulit sensitif. Lanjutkan dengan masker yang bersifat menenangkan kulit seperti aloevera atau mentimun. Atau buat sendiri dengan buat tomat yang dihaluskan. Selain melembutkan kulit, tomat juga berkhasiat mengatasi jerawat dan peradangan. Dan terakhir oeskan toner.

Tags: , ,

Leave a Reply