Mendaur Ulang Limbah Kemasan Kopi

kantong2Sampah… itulah sekilas bila melihat plastik bekas kemasan dibuang begitu saja, tapi ternyata sampah-sampah itu bisa disulap menjadi barang yang berguna dan tentunya bahkan dapat bernilai jual tinggi. Seperti Plastik -plastik bekas kemasan kopi ini contohnya setelah dirangkai sedemikian rupa jadilah ” sampah ” ini sebuah tas yang menarik dan unik.

Dengan mendaur ulang kembali sampah-sampah ini berarti juga telah berperan serta dalam penyelamatan bumi kan, secara tidak langsung.. Karena seperti diketahui bahwa sampah yang berbahan plastik ini termasuk sampah anorganik yang sulit diuraikan, sehingga dengan mendaur ulangnya  dapat menyelamatkan bumi tercinta ini.

Di tangan-tangan yang kreatif, justru sampah-sampah ini dijadikan sarana atau bahan baku untuk mengembangkan kreatifitasnya, selain kemasan kopi sachet, ada juga yang memanfaatkan limbah kaleng-kaleng bekas susu, botol-botol plastik bekas minuman dan yang lainnya. Sehingga terciptalah produk-produk olahan dari limbah ini menjadi produk yang benilai seni.

Seperti slogan Reduce, Reuse dan Recycle , pertama Reduce yaitu mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan, lalu Reuse cobalah untuk memakai kembali barang-barang yang mungkin menurut kita sudah usang atau yang lainnya dengan sedikit modifikasi misalnya, dan Recycle yang berarti mendaur ulang kembali.