Keajaiban Sirsak Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

sirsak22

Buah sirsak mengandung serat dan vitamin. Komposisi rata-rata satu buah sirsak adalah 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji, dan 4 % poros tengah buah (empulur). Pada daging buahnya mengandung 80% air, 3% asam yang dapat dititrasi dan 24% gula nonperedukasi.

Kandungan zat gizi terbanyak dalam buah sirsak adalah karbohidrat, yaitu sekitar 68% dari seluruh bagian pada buahnya.  Salah satu karbohidrat yang terkandung dalam buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) deng an kadar 81,9-93,6% dari kandungan gula total.

Sirsak juga mengandung berbagai vitamin, antara lain vitamin A, B, dan C. Vitamin utama yang terkandung dalam buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg/100 g daging buah. Buah sirsak juga kaya vitamin B dengan kadar 0,07 mg/100 g daging buah.  Sirsak menumpas beragam penyakit antara lain :

  • Diabetes Mellitus

Para peneliti telah melaporkan bahwa buah dan daun sirsak mengobati diabetes mellitus.  Studi yang dilakukan akhir-akhir ini memperlihatkan bahwa ekstrak sirsak dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes mellitus, dengan cara memperbaiki produksi insulin dan terjadinya regenerasi atau proliferasi sel beta pankreas.

Sirsak telah diketahui mengandung sejumlah senyawa bioaktif , yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk diabetes mellitus tipe 2.

  • Penyakit Jantung

Buah dan daun sirsak teryata juga memiliki aktivitas antihiperlipidemi. Sirsak dapat menurunkan kadar lemak, serum trigliserida, kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu sirsak juga meingkatkan kadar HDL yang merupakan kolesterol baik. Bukti-bukti menunjukkan bahwa penurunan kolesterol total LDL dapat menurunkan angka kejadian penyakit jantung koroner yang masih menjadi penyebab kematian utama penderita diabetes mellitus.

  • Infeksi Virus

Ekstrak etanol daun sirsak memiliki aktivitas sebgai antivirus herpes simplek.  Senyawa aktif dari sirsak dan tanaman dari genus annona, menurut NIH berdasarkan skrining yang dilakukan oleh Universitas Purdue Amerika Serikat, ternyata juga memiliki khasiat anti AIDS.

  • Sembelit

Sirsak kaya akan serat makanan (dietary fiber). Kandungan dalam sirsak mencapai 3,3 g/100 g daging buahnnya. Dengan mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak dapat memenuhi 13 % kebutuhan serat makanan harian. Serat makanan alami yang terkandung dalam buah sirsak bermanfaat membantu proses pencernaan, khususnya mengobati konstipasi ( sembelit).

  • Hipertensi

Kulit dan daun sirsak bersifat sebagai hipotensif, vasodilator, memiliki sifat relaksasi otot polos dan aktifitas kardiodepresan (menekan aktifitas jantung). Sirsak kaya akan potasium (kalium) yang berperan besar dalam mengatur tekanan darah serta fungsi dan irama jantung. Sirsak juga bermanfaat mencegah hipertensi dan melindungi dari atherosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN