Tips Rajin Kuliah

Kuliah adalah tugas wajib seorang mahasiswa. Namun apa yang terjadi apabila “malas” melanda??? Tahukah anda apa penyebabnya dan bagaimana solusinya??? Check this out.

1. Jadwal padat

Hal ini sering terjadi pada orang-orang yang ingin cepat lulus. Entah karena desakan orang tua atau apa, maka mata kuliah yang di ambil pun dimaksimalkan tanpa mempertimbangkan kondisi fisik. Kalau kondisi fisik anda bagus/kuat, sah-sah saja jika anda ingin memaksimalkan mata kuliah yang anda ambil. Namun kalau kondisi anda kurang bagus (tidak bisa capek sedikit langsung sakit) maka sia-sia saja kalau anda mengambil mata kuliah yang maksimal, toh anda sering tidak masuk. Ujung-ujungnya tidak lulus, dan harus mengulang pada semester berikutnya. Apa tidak tambah lama tuh kuliahnya.

Solusi: Sesuaikanlah jumlah mata kuliah yang ingin anda ambil dengan kemampuan fisik anda.  Fokus lah pada beberapa mata kuliah saja, sehingga anda bisa memaksimalkan usaha anda (supaya bisa lulus mata kuliah tersebut dengan nilai yang baik pula), maka insyaAllah hasilnya pun akan maksimal.

2. Jadwal tidak padat

Berbeda dengan poin pertma, hal ini sering terjadi pada mereka yang keinginan lulusnya sangat kurang. Mungkin karena pengaruh lingkungan atau karena keasyikan bergaul dengan teman-temannya. Bayangkan betapa susahnya melangkahkan kaki ke kampus kalau cuma ada satu mata kuliah saja dalam satu hari, dan anda sedang asik bercengkrama dengan teman anda, atau sedang asik sendiri mengerjakan sesuatu dikamar. ditambah lagi jadwal kuliahnya siang atau sore hari…aarrrggghhh….kaki pun semakin berat terasa.

Solusi: Perhatikan baik-baik jadwal kuliah saat anda sedang memilih-milih mata kuliah apa yang ingin anda ambil. Saran saya 2/3 mata kuliah cukup untuk satu hari, dan efektif mengurangi frekuensi/memperkecil ukuran rasa malas yang timbul. Karena kalau cuma satu mata kuliah saja dalam satu hari, rasa malas yang tadinya cuma terasa ½-2 kg beratnya bisa menjadi 3-10 kg. Bayangkan, siapa coba yang mau kalau harus memikul beban seberat itu setiap kali mau kuliah. Ade Ray pun tidak akan mau kalau seperti itu.

Berikutnya, kalau rasa malas anda sering muncul di siang hari, maka ambillah mata kuliah yang ada pada pagi hari. Dan sebaliknya, kalau malas anda sering muncul di pagi hari, maka ambillah mata kuliah yang ada pada siang/sore hari.

3.   Tidak punya banyak teman sekelas.

Hal ini sering terjadi pada mereka yang harus mengulang mata kuliah yang nilainya kurang memuaskan. Dan mereka biasanya harus bergabung dengan adik-adik angkatan yang baru pertama kali mengambil mata kuliah tersebut. Beruntung kalau ada teman anda yang mengulang mata kuliah yang sama. Kalau tidak??? ”Malu”  biasanya  adalah kata yang sering keluar dari mulut mereka saat ditanya kenapa mereka sering tidak masuk.

Solusi: Cobalah untuk berbaur dengan teman sekelas anda, siapapun mereka. Buatlah teman-teman anda tertawa.  Biasanya cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan atau mengatakan hal-hal yang lucu atau aneh yang dapat menarik perhatian mereka (terkadang hal-hal yang mempermalukan diri anda sendiri pun bisa jadi senjata ampuh untuk menarik perhatian). Alhasil, mereka pun akan mendekat kepada anda dengan sendirinya, karena mereka pikir anda adalah orang yang asik untuk dijadikan teman.

note: untuk yang satu ini saya sudah mencobanya sendiri. Dan hasilnya SANGAT MEMUASKAN. Saya pun punya banyak teman dari berbagai angkatan.

4. Kurang Menguasai Mata Kuliah

Nah, untuk yang satu ini rasa malas akan datang berlipat ganda. Karena kebanyakan orang berpikir,” ngapain masuk mata kuliah ini, toh ujungnya nggak bisa juga.” Walaupun ada juga yang berpikiran “aku tidak boleh ketinggalan mata kuliah ini. Bagaimana aku bisa kalau aku sering tidak masuk.” Tapi perbandingannya mungkin 1:100 kali ya orang yang berpikir seperti yang kedua.

Solusi: Untuk masalah yang satu ini solusi yang paling ampuh adalah MENCARI IDOLA. Loh???apa hubungannya??? Haha…Tenang, begini penjelasannya, saya yakin kita semua pasti pernah menyukai seseorang. Dan tentunya, kita pasti berusaha untuk mendekatkan diri/selalu berada di dekat orang tersebut serta berusaha melakukan/menjadi yang terbaik terutama dihadapannya. Nah, kalau kita mempunyai idola di kampus, atau di kelas terutama kelas mata kuliah yang kurang kita kuasai, maka kita pun akan termotivasi untuk untuk selalu hadir di setiap pertemuan (kuliah) dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Malu donk kalau ketahuan oon di depan idola. Walaupun cara ini tidak bisa membuat kita mampu menguasai/memahami pelajaran (karena tidak berkaitan langsung dengan pelajarannya), paling tidak cara ini mampu membuat kita hadir disetiap pertemuan, ya tentunya untuk selalu berada di dekat si Dia (idola) atau hanya sekedar menatap wajahnya. Dan bukan tidak mungkin kita akhirnya mampu mengusai pelajaran tersebut, karena walau bagaimanapun juga kalau berada di kelas, sedikit banyaknya pelajaran itu masuk ke otak kita.

Note:

solusi ini tidak hanya bisa digunakan untuk poin ke-4 saja. Tapi bisa digunakan untuk semua poin dan terbukti AMPUH. Nah, tunggu apa lagi, mulailah mencari Idola dari sekarang. Semakin banyak idola anda (setiap kelas), maka anda akan semakin termotivasi untuk rajin kuliah.

Warning!!

IDOLA dalam konteks ini hanya untuk memotivasi anda, bukan untuk dijadikan pacar atau semacamnya. Namun tidak menutup kemungkinan idola anda tersebut kemudian menjadi pacar anda. Saran saya, dalam hal ini, satu saja sudah cukup. Pilihlah dengan teliti, jangan terburu-buru, dan jangan semua idola anda jadikan pacar. Bisa GAWAT kalau begitu. Dan apabila itu terjadi, tanggung jawab tidak ditanggung oleh pihak kami.

Terima kasih dan SELAMAT MENCOBA.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply