Menjaga Keseimbangan Ekosistem Miss. V

axMemiliki aktivitas yang padat, apalagi bila tinggal di daerah tropis membuat tubuh gampang berketingat. Keringat meningkatan kelembaban tubuh khususnya pada organ seksual dan reproduksi yang tertutup dan berlipat-lipat. Dengan demikian bakteri gampang berkembang biak sehingga mengakibatkan infeksi dan gangguan ekosistem di area Miss. V.

Ekosistem di area Miss. V ini dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu, esterogen dan laktobasilus (bakteri baik). Jika keseimbangan ekosistem ini terganggu maka bakteri laktobasilus akan mati dan bakteri pathogen akan tumbuh sehingga tubuh akan rentan terhadap infeksi.
Dalam Miss.V terdapat bakteri yang 95%-nya adalah bakteri baik dan sisanya adalah bakteri pathogen. Agar ekosistem ini seimbang maka Miss.V membutuhkan tingkat keasaman (PH balance) pada kisaran 3,8 – 4,2. Pada tingkat keasaman ini, laktobasilus akan tumbuh subur sedangkan bakteri patogen akan mati.

Hal-hal seperti cairan mani, darah haid, kontrasepsi oral, gangguan hormon (pubertas, menopause, kehamilan), diabetes melitus, pemakaian antibiotik, dan douching (penyemprotan cairan kedalam Miss. V) akan menyebabkan rusaknya keseimbangan ekosistem Miss. V dan meningkatkan perkembang biakan jamur dan bakteri pathogen. Bau khas pada Miss. V dalam keadaan normal akan berubah menjadi bau tak sedap, amis, dan menyengat jika ekosistem Miss. V terganggu. Bukan hanya itu, jamur dan bakteri yang dibiarkan akan masuk dan mengganggu rahim.

Banyak produk yang dijual dipasaran untuk menjaga kebersihan dan keseimbangan PH Miss. V. dan dari sekian banyak yang beredar rata-rata memiliki tiga bahan dasar yaitu:

Pertama, yang berasal dari ekstrak daun sirih yang sangat efektif untuk antiseptik, mambasmi jamur candida albicans dan mengurangi sekresi cairanĀ  pada Miss. V. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Amir Syarif dari FKUI, penggunaan daun sirih untuk mengobati keputihan memang baik dan mencapai tingkat kesembuhan 90,0. Tetapi perlu diingat, penggunaan pembersih berbahan dasar daun sirih ini jika digunakan dalam waktu yang lama akan membunuh semua laktobasilus (bakteri baik) sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem Miss.V.
Kedua, pembersih yang menandung bahan povidone lodine. Bahan ini merupakan anti infeksi untuk terapi jamur dan berbagai bakteri. Efek samping dari produk ini adalah dermatis kontak sampai reaksi alergi yang berat.
Ketiga, pembersih yang mengandung kombinasi laktoserum dan asam laktat. Laktoserum ini berasal dari hasil fermentasi susu sapi dan mengandung senyawa laktat, laktose serta nutrisi yang diperlukan untuk ekosistem Miss.V. Sedangkan asam laktat berfungsi untuk menjaga tingkat pH di Miss.V.

Penggunaan pembersih Miss. V baik digunakan asalkan sesuai aturan dan tidak berlebihan. Konsultasi dengan dokter ahli sangat dianjurkan agar dapat memilih produk pembersih yang cocok.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN