Melatih Kreativitas Anak

Setiap anak lahir dengan bakat alamiah untuk menjadi manusia kreatif. Bakat inilah yang harus dilatih dan dikembangkan agar kelak ia menjadi manusia dewasa yang kreatif. Banyak cara mudah, murah, dan sederhana untuk mengasah kreativitas anak. Inilah beberapa tekniknya:

  1. Cerita dalam cerita. Bacakan mereka cerita yang baik. Buatlah saat membaca ini lebih menarik dan berarti dengan melibatkan anak secara aktif. Diskusikan arti kata, jalan cerita, karakter tokoh, dan sebagainya. Rangsang imajinasi anak dengan mengajaknya mengarang akhir cerita yang berbeda, pancing mereka untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat dengan mengajukan pertanyaan terbuka.
  2. Sediakan dinding corat-coret. Daripada harus gusar tiap kali memergoki anak mencorat-coret dinding diseluruh penjuru rumah, mengapa tidak Anda sediakan sebidang dinding tempat ia bisa mengeksplorasi sisi artistiknya? Lengkapi anak dengan peralatan menggambar. Beri kebebasan anak untuk mengenali warna dan bentuk, dan menggambar sesuka hatinya. Ini akan melatih persepsi anak mengenai lingkungan yang ia lihat, serta koordinasi antara mata dan tangannya. Bila sapi yang ia gambar tak tampak atau berwarna seperti sapi, biarkan saja. Minta anak jelaskan gambar yang ia buat, Anda mungkin akan terkejut mendengar jawabannya yang kreatif. Jangan lupa berilah pujian, atau ikutlah menggambar bersamanya.
  3. Belajar dari alam. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan bersama anak kea lam terbuka. Dorong minat anak untuk mengamati lingkungan dengan seluruh indranya. Tunjukkan aneka tumbuhan, hewan, serangga, batu, dan lain-lain. Diskusikan apa yang ia lihat. Panca indra yang sering terpajan beragam pengalaman memperkaya aspek mental, fisik, dan spiritual anak. Ajak anak memandang awan, minta ia menghubungkan bentuk awan yang ia lihat dengan objek lain, misalnya hewan. Fantasi dan imajinasi merupakan cirri-ciri pikiran yang kreatif. Kemampuan observasi, asosiasi, dan korelasi merupakan dasar-dasar daya kreatvitas.
  4. Manfaatkan lingkungan sekitar. Kotak pembungkus, kaleng, botol, dan kardus bekas, bisa jadi sarana kreativitas yang tiada habisnya bagi anak-anak. Biarkan imajinasi anak bekerja, dan Anda akan melihat terciptanya robot, kapal, gedung, dan sebagainya dari peralatan sederhana tersebut. Anda juga bisa membuat lego sendiri dari kayu sisa. Potong-potong menjadi balok dengan beragam ukuran dan bentuk. Tidak perlu diwarnai, karena anak akan bisa berimajinasi lebih bebas dan membayangkan sendiri warna balok-balok tersebut. Kumpulkan beraneka jenis daun, bunga, kayu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Anak bisa menempelkannya untuk membentuk pola yang indah, membuat perhiasan dari biji dan kacang, membuat botol hias, dan lain-lain.
  5. Keajaiban kertas. Origami atau seni melipat kertas, merupak latihan kreativitas yang sederhana namum efektif. Dari secarik kertas dapat tercipta burung, ikan, angsa, perahu, topi, dan lain-lain. Variasikan origami dengan merobek, menggulung,dan meremas kertas menjadi bentuk-bentuk yang ia kehendaki.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN