Penyebab dan Gejala Tifus

Tifus merupakan salah satu penyakit tropis, dapat menyerang semua umur dan yang paling sering terjadi pada anak-anak remaja. Iklim tropis yang lemab merupakan faktor salah satu faktor  ideal bagi perkembangan bakteri. Apalagi bila disertai dengan kondisi pemukiman yang tidak sehat, lingkungan yang tercemar, tidak tersedianya air bersih, dan jajan sembarangan.

Penyakit tifus disebabkan oleh kuman Salmonela tifi dan Salmonela paratifi A, B, dan C. Kuman ini lebih suka tinggal di air yang tercemar, begitu juga makanan serta perabot rumah tangga yang kotor.

Penyakit ini ditularkan secara oral, dengan menelan makan atau minuman yang tercemar oleh kuman salmonela. Kuman ini akan masuk ke dalam selaput lendir usus halus dan dengan cepat menyusup ke aliran limfa hingga akhirnya ke darah.

Berikut adalah gejala terjadinya penyakit tifus:

  • Deman yang turun naik, biasanya sore hari. Demam ini makin lama makin tinggi dan pada minggu kedua demam tetap tinggi atau berada di atas suhu normal.
  • Disertai sakit kepala yang hebat dan susah buang air bersar.
  • Perut terasa sakit akibat penembusan dinding usus sehingga tinja menjadi kehijauan.
  • Kesadaran penderita aan menurun.

Bila penyakit tifus ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan menimbulkan komplikasi, seperti peradangan pada ginjal dan kantung empedu serta perlukaan usus.

Jadi berjati-hatilah kalau kita atau ada salah satu kelurga kita mengalami gejala seperti di atas, segeralah pergi kedokter.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN