Wanita, Anemia dan Vitamin

Haid atau Menstruasi merupakan kejadian yang dialami oleh setiap wanita dewasa. Sifatnya sangat alami dan prosesnya berlangsung setiap bulan, terus menerus sehingga menyebabkan berkurangnya zat besi dalam tubuh.

Zat besi digunakan untuk memproduksi haemoglobin tubuh dengan kadar haemoglobin yang rendah disebut sebagai anemia (kekurangan darah). Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa mengakibatkan anemia karena zat besi merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Bagi wanita aktif yang menuntut stamina dan penampilan yang prima kekurangan zat besi tentunya bukan masalah yang sederhana. Penderita anemia biasanya mengalami keluhan seperti mudah lelah, letih, lesu, muka pucat, mata berkunang-kunang dan semangat bekerja menurun. Telapak tangan yang semestinya terlihat merah juga tampak pucat, sering pusing, kurang kosentrasi, kuku mudah patah, sariawan dan mudah jatuh sakit.

Dianjurkan wanita penderita anemia mengkonsumsi makanan yang kaya zat gizi, serta mengandung zat besi dan sumber hewani seperti daging, limpa, telur dan hati. Juga disarankan banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, daun singkong, kangkung, kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah dan kacang kedelai.

Selain itu olahraga dan istirahat yang cukup terbukti banyak membantu mencegah anemia. Selain itu cara yang lebih praktis adalah dengan mengkonsumsi vitamin penambah darah.

Tags:

Leave a Reply