Tips Cantik Pasca Melahirkan

Banyak Ibu-ibu muda mengalami “syndrome” perubahan warna dan tekstur kulit setelah melahirkan. Bahkan, banyak Ibu yang mengalami “syndrome” tersebut semenjak mengandung. Sebenarnya banyak tips dan trik untuk menyiasatinya, namun yang akan dibahas di sini merupakan langkah-langkah yang sudah diujikan terlebih dahulu terhadap beberapa orang. Hasil yang didapatkan dari mengikuti langkah-langkah di Tips ini bergantung pada jenis kulit masing-masing orang dan hormon yang mempengaruhinya. Sehingga pada akhirnya, hasil yang didapatkan tentu saja berbeda pada masing-masing orang. Berikut adalah urutan langkahnya:

(1) Langkah Pertama

Kenali jenis kulit anda. Hal ini sangat penting guna menentukan jenis perawatan dan type produk yang akan digunakan. Misalnya, untuk jenis kulit normal pilihlah type produk untuk Kulit Normal / Semua Jenis Kulit / Kulit Kombinasi . Tipe produk tersebut aman untuk jenis kulit Normal. Sedangkan untuk kulit Berminyak, pilihlah produk untuk Kulit Berminyak / Normal Cenderung Berminyak saja, dan untuk jenis Kulit Kering pilihlah tipe produk untuk Kulit Kering / Sangat Kering / 35+/ 40+. Mengapa 35+ dan 40+ disarankan untuk jenis kulit kering? Hal ini dikarenakan pada usia 35 tahun ke atas, kulit manusia kita akan cenderung mengurangi produksi minyak alias kulit menjadi lebih kering. Namun, bila usia tersebut namun masih mengalami penyakit Jerawat yang parah, disarankan untuk menggunakan tipe produk yang berminyak. Oh ya, jenis kulit normal boleh lho menggunakan tipe produk 35+, karena kandungan nutrisinya lebih baik untuk kulit kita.

(2) Langkah Ke-dua

Cari tahu tanda-tanda alami kulit saat mengandung. Dari tanda-tanda alami ini, kita dapat memprediksi sendiri jenis kelamin calon putra/putri kita. Asyik kaan.. Biasanya, bila mengandung calon anak Laki-laki, maka yang terjadi adalah kulit kering, berjerawat, kusam, flek hitam, dll atau masalah kulit yang tadinya tidak dialami sebelum mengandung. Permasalahan kulit pada masa mengandung banyak diakibatkan oleh hormon, baik dari hormon kita sendiri maupun hormon si Jabang bayi. Jadi, tetap tenang dan jangan panik terhadap perubahan tersebut, namun juga jangan “cuek”. Karena kecepatan keberhasilan mengembalikan kulit kita seperti semula bergantung pada kepedulian perawatan kulit selama masa mengandung.

Biasanya, bila si Jabang bayi adalah laki-laki maka kulit Bunda menjadi lebih kasar, kusam atau lebih berjerawat dari pada sebelumnya. Namun bila si Jabang bayi adalah perempuan, biasanya kulit Bunda menjadi lebih halus, bersinar dan lebih tidak berjerawat dibandingkan sebelumnya.

Naah, sudah tau sedikit kan..

(3) Langkah Ke-tiga

Tetap jalani perawatan kulit seperti biasa. Ini penting lho, supaya bila kulit pasca melahirkan menjadi lebih buruk maka waktu yang dibutuhkan untuk pulih tidak terlalu lama seperti bila tidak dilakukan perawatan rutin seperti biasa. Biasanya, orang yang tetap melakukan perawatan kulit sudah yakin bahwa produk tersebut aman buat Ibu Hamil, waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke kondisi semula lumayan cepat, biasanya berkisar antara 2 – 4 bulan. Apaa?? iya lho.. 2 – 4 bulan itu relatif cepat dibandingkan 8 – 12 bulan atau bahkan tidak kembali seperti biasanya. Naah, sekarang pasti makin yakin bahwa perawatan kulit penting sekali sebelum kita menyesal selamanya.

(4) Langkah Ke-empat

Oles-oles.. dari mulai bulan pertama melahirkan sampai pasca melahirkan yang wajib dilakukan adalah oles-oles..

Bagian apa sajakah yang di oles dan menggunakan cream apa.. baca ini dengan teliti ya..

1. Wajah, ini bagian wajib.. oleskan pelembab wajah dan tabir surya dengan cream seperti biasanya (saat belum hamil). Bila kulit dirasakan terdapat perubahan tidak lazim rubahlah jenis/ tipe produk dengan yang lebih “stong”.

2. Lakukan “Scrubbing” wajah 1 kali seminggu untuk membuang kulit mati, hati-hati jangan di daerah mata dan kelopaknya ya.. Ini penting lhoo.. Cream scrubbing bisa pakai apa saja, asalkan mengandung butiran-butiran halus. Lakukan scrubbing dengan hati-hati dan dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam. Khusus untuk wajah sensitif, hal ini harus dilakukan super hati-hati ya alias 2 – 4 minggu sekali saja.. karena kulit sensitif lebih tipis dari kulit lainnya.

3. Oles-oles perut. Perut yang sedang hamil mengalami pelebaran lapisan epidermis dalam tempo cepat sehingga dapat mengakibatkan pecahnya lapisan luar kulit, sehingga membuat kulit seperti parut dan kulit jeruk. Bila mitos mengatakan bahwa garukan tangan yang membuat hal itu terjadi, hal itu bisa saja karena garukan tangan memicu dan semakin memperparah kondisi kulit yang sedang “mekar”. Mitos yang mengatakan bahwa “bila Ibu saya tidak ada selulit / tidak berkulit jeruk, maka saya juga akan sama seperti Ibu saya”.. Anggapan mitos tersebut salah. Walaupun keturunan keluarga tidak menunjukan masalah kulit saat hamil, bukan berarti saat hamil kita terbebas dari masalah kulit. Olesan di perut yang sedang hamil dapat mengunakan cream khusus Ibu Hamil atau hanya dengan “body lotion” secara rutin, pagi dan malam hari, bila perlu siang hari juga.

4. Setelah melahirkan, usahakan menggunakan “bengkung”. Kuno?? tidak.. justru ini adalah langkah alami dan cepat dalam merawat dan mengembalikan kondisi perut kita.. sstt ini rahasia kuno namun banyak orang yang menggunakannya dan berhasil 100% deh.. bila segan menggunakan yang model lama, model baru-pun banyak di jual dipasaran, ada yang semi elektronik maupun kain biasa yang sudah dimodifikasi untuk kemudahan pemakaian.

(5) Langkah ke-lima

Apa yang harus dilakukan bila sudah terlanjur mengalami penurunan kualitas kulit pasca melahirkan?

Bila wajah sudah terlanjur kusam, kering, pori-pori besar dan flek hitam banyak, maka hal yang dapat dilakukan adalah melakukan scrubbing lebih sering/ intensiv dari yang sudah dijabarkan di atas. Tandanya wajah anda memerlukan scrubbng adalah, bila wajah sudah terasa lebih kasar dari sebelumnya maka itulah saat yang tepat, jangan menunggu lama.

Flek hitam akan hilang seiring dengan waktu.. sedangkan selulit, mirip dengan katanya.. sangat sulit dihilangkan. Jadi, cegah dan rawat kulit dari sekarng sebelum terjadi hal-hal yang merepotkan, yang membuat kurangnya percaya diri dan mengahabiskan uang banyak.

Ingat ya.. Wajah cantik adalah anugrah, Wajah Sehat adalah pilihan..

Selamat mencoba,

Salam,

Tags: , , , , ,

Leave a Reply