7 Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

nafsu-makan-anakNafsu makan pada anak dikendalikan oleh kebutuhan energi dari tubuh mereka. Jumlah makanan yang besar dikonsumsi oleh anak-anak yang aktif, sementara anakĀ  yang kurang aktif mungkin tidak memiliki nafsu makan sama sekali.

Hilangnya nafsu makan pada anak dapat dikaitkan dengan beberapa faktor seperti gangguan fisik atau gangguan emosional. Gangguan fisik dapat berupa gangguan pencernaan sehingga mengalami kesulitan dalam proses menelan, penyerapan dan pengosongan makanan. Sedangkan gangguan emosional pada anak dapat seperti adanya perasaan cemas, kesepian atau ketakutan.

Anda dapat menggunakan tips berikut jika nafsu makan anak anda hilang atauĀ  berkurang dibandingkan biasanya :

  1. Kenali terlebih dahulu penyebab hilangnya nafsu makan anak anda, apabila mual adalah penyebabnya maka bantulah si anak untuk mengatasi rasa mualnya.
  2. Buatlah suasana menyenangkan pada saat makan dengan menyediakan makanan favorit anak anda dalam berbagai bentuk.
  3. Temani anak ketika sedang makan agar dia merasa nyaman.
  4. Berikan aktivitas tambahan untuk anak sehingga porsi makan anak anda bertambah.
  5. Gunakan aneka bumbu atau rempah ke dalam makanan untuk memperkaya cita rasa sehingga anak memiliki rasa ingin makan yang kuat.
  6. Memberikan makanan pada anak dalam porsi kecil tetapi lebih sering daripada memaksa anak makan 3 kali sehari dalam porsi besar.
  7. Berikan suplemen penambah nafsu makan dengan diawasi oleh ahli gizi atau dokter.

Tags: , , ,

Leave a Reply