Tips Agar Motor Irit Bensin

Selain perawatan mesin yang harus diperhatikan, ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan dan kelancaran sepeda motor. Sebab, jika hal-hal dibawah ini terabaikan, seringkali menyebabakan konsumsi BBM semakin boros.

  • Rantai kendur,  jika rantai kendur maka kecepatan motor akan berkurang dan tenaga mesin pun hilang. Untuk memacu motor dengan kondisi seperti ini, dibutuhkan tenaga yang lebih besar, hingga konsumsi BBM pun semakin boros.
  • Laher macet,  jika bola laher macet karena permukaannya berkarat dan sudah rusak, maka untuk memutarnya dibutuhkan tenaga yang lebih besar, dengan demikian pemakaian BBM pun semakin banyak.
  • Main gas, Hindari memainkan gas jika tidak perlu. Terutama untuk motor skutik, dimana bukaan pertama cenderung lebih menarik banyak BBM
  • Ban kurang angin,  Laju sepeda motor akan lebih lambat jika motor kurang angin. Jika tetap dipaksakan maka akan membutuhkan tenaga yang lebih besar, hingga motor pun membutuhkan lebih banyak premium.
  • Busi rusak/ kotor, Busi efektif bekerja sampai jarak tempuh 6.000-7.0000 km. Jika lebih dari itu, performa busi akan menurun, serta pembakaran diruang bakar juga menurun. Jika itu terjadi maka pemakaian BBM menjadi boros. Sebab campuran gas tak terbakar dengan sempurna dan tenaga mesin pun turun.
  • Klep longgar / rapat, Celah klep yang longgar atau terlalu rapat akan berdampak pada penurunan tenaga mesin.
  • Filer udara kotor, Karena jarang di servis, hal ini mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan benin menjadi tidak seimbang karena terhimpit debu. akibatnya pemakaian bensin pun semakin boros.

Maka agar motor irit bensin, sebaiknya pengendara melakukan servis motor secara rutin sesuai dengan frekuensi pemakaian motor.