Gunung Sinabung Meletus

gunung-sinabungKekhawatiran masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara tepatnya warga di sekitar kaki Gunung Sinabung akan meletusnya Gunung Sinabung tersebut akhirnya terjadi juga. Tadi malam (28/8) sekitar pukul 23.00 WIB Gunung Sinabung mengeluarkan letusan larva panasnya.  Letusan itu menurut keterangan warga sekitar terjadi tiga kali berturut-turut hanya dalam hitungan menit.

Akibat letusan ini ribuan warga yang menetap disekitar Gunung Sinabung diungsikan ke pusat kota Kabanjahe. Kepanikan dirasakan warga di jalan raya Simpang Empat menuju arah Kecamatan Namateran dan Kecamatan Payung. Mereka berlarian dari lokasi kejadian untuk menyelamatkan diri.

Sampai berita ini diturunkan belum ada korban jiwa akibat letusan ini. Namun demikian letusan Gunung Sinabung yang sejak tahun 1600 silam belum tercatat meletus, membuat warga disekitar lereng gunung tersebut enggan untuk kembali ke rumahnya. Masyarakat juga menyesalkan informasi dari BMKG yang sebelumnya menyatakan Gunung Sinabung masih aman dan belum membahayakan, sehingga masyarakat yang sehari sebelumnya telah mengungsi ada yang sudah kembali ke rumah, namun langsung dikejutkan dengan terjadinya letusan itu.