Cara Merawat Rambut Rusak

merawat-rambut-rusakRambut rusak dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari dalam merawat dan menata rambut. Berikut ini adalah beberapa perilaku keseharian yang perlu diperhatikan untuk menghindari dan merawat rambut rusak.

1. Jangan menyikat rambut berlebihan

Menyisir dan menyikat rambut secara berlebihan, terutama dalam keadaan rambut yang sedang basah, dapat menyebabkan terangkatnya kutikula yang rapuh bahkan dapat membuatnya terkelupas. Fungsi menyisir rambut adalah memindahkan minyak yang ada di kulit kepala ke seluruh bagian rambut agar berkilau. Tetapi jika dilakukan berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan rambut.

2. Gunakan alat yang benar

Menggunakan sisir yang salah pada rambut yang rapuh atau baru saja mendapatkan perawatan dengan bahan kimia dapat menghilangkan seluruh lapisan kutikula yg membuat rambut semakin berpori, rapuh dan kering. Hal tersebut menyebabkan rambut akan terlihat kusam dan tidak berkilau.

3. Hindari menyasak rambut

Penataan rambut dengan cara menyisir rambut dengan arah berlawanan dan menyentak secara berulang-ulang ini akan menarik rambut ke arah yang berlawanan dengan kutikula dan menyebabkan lapisan itu terlepas sehingga mengakibatkan korteks bagian dalam rambut tidak lagi terlindungi.

4. Hindari penggunaan alat pengering rambut

Penggunaan pengering atau pemanas rambut pada rambut yang basah akan membentuk bentol-bentol kecil permanen pada kulit kepala, yang mengakibatkan rapuhnya batang rambut. Sedapat mungkin biarkan rambut mengering secara alami tanpa menggunakan pengering rambut.

5. Gunakan conditioner

Penggunaan conditioner setiap hari untuk perawatan rambut rusak dapat melindungi dan melembabkan rambut sehingga memberikan kemilau pada rambut dan menghindari terjadinya ujung rambut yang bercabang.

6. Gunakan shampo secukupnya

Gunakanlah shampo yang lembut untuk menghilangkan residu, tapi hindari menggunakannya secara berlebihan agar tidak menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut.

7. Jangan terlalu sering memegang rambut

Kebiasaan memegang rambut akan menambah pergerakan sebum (protein alami) dari kulit kepala ke batang rambut. Jika folikel rambut melepaskan sebum dalam jumlah besar, maka rambut dapat terlihat licin dan berminyak.