Tahapan Membuat Anggaran Keuangan Pribadi

moneyKalau Ingin punya status keuangan yang sehat, bisa membeli apapun yang diimpikan, masa depan terjamin, buatlah perencanaan sejak sekarang. Tujuh cara mudah bikin budget pribadi.

Tahap Pertama. Buat tabel yang terdiri dari 4 kolom. Kolom pertama, dinamai kolom A, beri judul”Pemasukan dan PEngeluaran”. Kolom kedua, B, diberi judul “Dana Masuk”, Kolom ketiga, C, ditandai “Dana Keluar”. Kolom keempat, D ditulis “Saldo”

Tahap Dua. Tulis penghasilan yang didapat setiap bulannya dalam kolom A. Juga pemasukan dari sumber-sumber  lain, misalnya honor mengirim tulisan majalah, yang akan masuk pada bulan,  atau jenis pemasukan lain.

Tahap Tiga. Susun daftar pengeluaran tetap  dalam satu bulan: Cicilan / kontrak rumah, gaji pembantu, uang sampah, langganan koran, belanja bulanan, tagihan telepon, beli baju / sepatu dan sebagainya. Masukkan daftar ini dalam kolom A, setelah daftar pemasukan.

Tahap Empat. Masukkan jumlah uang yang diterima dari penghasilan ke kolom B. Sedangkan jumlah uang yang dianggarkan dalam daftar pengeluaran, dimasukkan ke dalam kolom C.

Tahap Lima. Langkah berikutnya adalah untuk mendapatkan sisa kelebihan uang dengan mengurangi jumlah dari kolom B ke  kolom C, lalu meletakkan hasillnya di kolom D.

Tahap Enam. Jika terdapat saldo positif di kolom D, maka bisa melangkah ke tahap tujuh. Jika saldonya nol, atau dalam jumlah yang sangat sedikit, maka perlu mengevaluasi lagi keperluan pengeluaran setiap bulannya. Mungkin dengan meniadakan pengeluaran lalinnya yang berada di kualitas terendah, tapi kalau angka di kolom D negatif, maka tidak bisa melanjutkan ke tahap tujuh dulu, melainkan membereskan dulu utang-utang yang ada dan memperketat pengeluaran.

Tahap Tujuh. Inilah saatnya memantapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Buatlah sebuah daftar dari keinginan- keinginan itu, misalnya:
Jangka Panjang : Sekolah lagi mengambil S2.
Jangka Pendek  : Kursus TOEFL.
Sebaiknya dibuatkan daftar, perhitungan berapa yang dibutuhkan untuk menabung setiap bulannya, agar tujuan-tujuan itu pada akhirnya bisa tercapai.

INGAT!

  • Budget harus berdasarkan pada kemapuan, kebutuhan, dan prioritas.
  • Dalam menetapkan jumlah yang dianggarkan harus realistis.
  • Usahakan agar pada akhirnya masih punya sisa kelebihan uang.
  • Simpan paling tidak 5% dari penghasilan untuk keperluan tak terduga.
  • Buat catatan budget dengan cara yang simpel dan mudah dibaca.
  • Dalam hal ini hanya diri sendiri yang bisa mempertahankan budget. Berbelanja tanpa pertimbangan dan perencanaan, dapat menghancurkan rencana menabung.
  • Jangan panik dulu jika menemukan jumlah pengeluaran yang tidak klop. Justru dengan begitu  bisa merevisi lagi susunan anggaran ke jumlah yang lebih realistis.
  • Berdisiplin dalam pelaksanaannya.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN