Hipertensi, Penyakit Tanpa Gejala

hipertensiSeringkali orang yang didiagnosa terkena hipertensi, terkejut karena mereka tidak merasakan gejala apapun dan bisa beraktivitas seperti biasa. Hipertensi adalah salah satu penyebab kecacatan atau kematian karena stroke, serangan jantung, gagal jantung maupun gagal ginjal. Karena itu setelah terdiagnosa hipertensi, harus disertai dengan upaya penanganannya.

Siapa sajakah yang beresiko terkena hipertensi? Ras, usia, riwayat keluarga dan jenis kelamin merupakan faktor resiko yang tidak bisa diubah. Hipertensi paling banyak ditemukan pada usia di atas 35 tahun. Jika salah satu orang tua menderita hipertensi, maka 25% kemungkinan akan menderita penyakit yang sama. Jika kedua orang tua menderita hipertensi, maka resikonya meningkat menjadi 60%.

Kegemukan, kurang gerak, merokok dan kebiasaan minum alkohol adalah faktor resiko yang bisa diubah. Semakin banyak faktor yang dimiliki, harus semakin waspada terhadap penyakit yang satu ini. Karena penyakit ini seringkali tidak menunjukkan gejala apapun, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah minimal dua kali setahun walaupun tidak ada keluhan yang dirasakan. Seseorang dikatakan menderita hipertensi jika tekanan darahnya tetap tinggi setelah dilakukan beberapa kali pemeriksaan dalam kondisi yang sama.

Pengendalian hipertensi bisa dilakukan dengan menurunkan berat badan untuk orang yang kelebihan berat badan, melakukan olahraga aerobik, menjauhi rokok dan alkohol. Selain itu juga perlu dilakukan pembatasan asupan natrium dalam tubuh. Seringkali terjadi salah persepsi, membatasi asupan natrium hanya dengan cara membatasi konsumsi garam dapur dalam menu sehari-hari, padahal jajanan dan cemilan yang dimakan pun seringkali mengandung garam. Selain garam dapur, perlu diperhatikan juga asupan MSG, soda kue atau baking powder yang biasa terdapat pada makanan yang dibeli.

Kedisplinan penderita hipertensi dalam melakukan pengendalian dan kerjasama yang baik dengan dokter akan sangat menentukan keberhasilan pengendalian hipertensi.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN