Hati-Hati Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Terbiasa menahan buang air kecil? Segera hilangkan kebiasaan tersebut karena bisa menyebabkan gangguan fungsi kandung kemih dan ginjal.  Selain bisa menderita batu ginjal, kebiasaan buruk menahan buang air kecil bisa meningkatkan resiko terkena penyakit infeksi saluran kemih.

Buang air kecil berfungsi membersihkan kandung kemih dari bakteri yang berkembang biak di urin. Dengan menahan urin yang seharusnya dibuang, bakteri akan berkembang biak dengan subur di dalam kandung kemih sehingga meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih.

Selain itu, menahan buang air kecil juga akan menyebabkan gangguan pompa kandung kemih yang sering disebut dengan anyang-anyangan. Karena ditahan, urin tidak dapat dikeluarkan dengan tuntas. Masih adanya sisa urin yang tertinggal inilah yang berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih.

Kebiasaan ini pun tidak boleh dilakukan saat akan melakukan hubungan intim. Infeksi saluran kemih bisa terjadi apabila bakteri dari organ intim masuk ke dalam saluran uretra yang menjadi lebih terbuka pada saat kandung kemih penuh terisi urin.

Tags:

Leave a Reply