Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

weddingSetiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang harmonis sampai kapan pun.

Berikut tips untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri.

1. Visi dan Cita-cita.

Sejak awal pernikahan pasangan harus meluruskan niat sehingga nantinya mudah  berkomunikasi dalam menentukan arah dan langkah hidup bekeluarga.

2. Saling Percaya.

Masing-masing harus bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh pasangannya.Jagalah kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.

3. Saling Menghargai.

Seperti kata pepatah, hargailah orang lain jika diri kita ingin dihargai, apalagi itu adalah pasangan Anda.

4. Mudah Memaafkan.

Manusia tidak luput dari kesalahan. Jika ada yang salah maka segera maafkanlah dan selesaikan persoalan sebelum pergi tidur.

5. Keterbukaan.

Usahakan jangan ada sedikit rahasia pun antara pasangan, terbukalah dan bicarakan baik-baik dengan pasangan Anda.

6. Menerima Kekurangan.

Tidak ada satu manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi yakinlah dibalik kekurangan pasangan Anda pasti ada kebaikan dan kelebihan yang telah diberikan oleh Yang Kuasa.

7. Murah Hati.

Jangan mempermasalahkan pasangan Anda yang kurang romantis. Berusahalah selalu berkata dengan lembut dan kasih sayang sehingga semua itu akan menambah rasa cinta dan sayang kepada pasangan Anda.

8. Kejutan/Surprise.

Tidak ada salahnya jika suatu saat atau pada momen tertentu (ulang tahun pasangan) kita menciptakan kejutan kecil karena terkadang kejutan kecil pun sangat bermakna bagi pasangan.

9. Menepati Janji.

Jika kita sudah berjanji dengan pasangan maka usahakan tepatilah janji itu walaupun untuk hal-hal kecil atau sepele.

10. Bulan Madu Kedua.

Sesekali ajaklah pasangan pergi berdua saja tanpa anak-anak, sehingga pasangan bisa menikmati saat-saat indah berdua. Tidak perlu mahal tapi yang penting nilai kebersamaannya. Gunakanlah momen itu sebaik-baiknya untuk bicara dari hati ke hati dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Demikian tips ini semoga bermanfaat bagi semua pasangan di dunia sehingga tercipta keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warohmah….amin.

Tags: , , ,

Leave a Reply