Tips Membuat Kentang Goreng Garing Dan Renyah

Kentang Goreng Renyah

Kentang Goreng Renyah

Kentang goreng merupakan salah satu makan favorit anak-anak. Mungkin bukan hanya anak-anak tetapi orang dewasa juga. Namun pernahkan anda merasa bahwa kentang goreng atau sering dikenal dengan french fries dari tempat-tempat penjualan fast food jauh lebih gurih dan renyah dibandingkan kentang goreng buatan sendiri?

Ternyata ada rahasia khusus untuk memperoleh kentang goreng yang gurih, kering dan renyah. Mulai dari jenis kentang, cara mengolah setelah dikupas hingga teknik penggorengan menjadi faktor penentu renyahnya kentang goreng.

Kentang yang cocok dibuat untuk French fries adalah kentang dengan kadar air rendah dan kandungan karbohidrat lebih tinggi. Memang kentang jenis ini, umumnya merupakan kentang impor. Ciri-cirinya berkulit coklat dan daging kentang berwarna putih. Kemudian untuk menjaga agar warna kentang yang telah dikupas tidak menghitam, segeralah rendam kentang dalam larutan garam yang dapat dicampur dengan natrium bisulfit food grade. Ukuran yang dapat digunakan adalah 50mg/kg kentang dan dalam tiap liter air dapat digunakan 2 sendok makan garam. Perendaman sebaiknya dilakukan selama 1 jam. Selepas kentang direndam, kentang harus ditiriskan dengan baik agar kandungan air benar-benar rendah. Setelah ini, kentang siap digoreng.

Teknik penggorengan pun cukup istimewa. Sebaiknya kentang digoreng 2 kali, dimana untuk pertama kali kentang digoreng cukup 1-2 menit agar terbentuk bagian “kulit” kentang goreng dalam minyak panas yang banyak (kentang harus terendam minyak). Angkatlah kentang yang sudah digoreng sebentar tsb dan tiriskan. Setelah ditunggu 15-20 menit barulah kentang digoreng kembali hingga kuning kecoklatan. Jika kentang ingin disimpan dalam jangka waktu lama, kentang yang telah mengalami proses penggorengan pertama kali, dapat disimpan di freezer kulkas sampai 1 bulan. Selamat mencoba!

Tags: , , ,

Leave a Reply