Menjaga Kebugaran Tubuh

Apa yang Anda lakukan demi menjaga kebugaran tubuh? Apakah Anda termasuk orang yang malas berolahraga?  Sering alasannya karena tidak cukup waktu, sudah lelah sehabis bekerja seharian, ke gym atau fitness center biayanya mahal atau lingkungan kota besar yang tidak sport-friendly.

Padahal, untuk orang dewasa sehat direkomendasikan untuk beraktivitas fisik dalam seminggunya, meliputi :

  • 3 – 5 hari latihan aerobik
  • 2 – 3 sesi latihan kekuatan
  • 2 – 3 sesi latihan kelenturan.

Bagi orang yang sibuk, ada beberapa tips berikut ini :

  1. Latihan aerobik yang dapat dilakukan, misalnya jalan cepat, lari, bersepeda (biasa/statis) dan berenang. Latihan ini melibatkan hampir semua otot utama sehingga dapat memacu kerja jantung. Tingkatkan intensitas latihan bila waktu yang dimiliki terbatas. Namun, cara ini berisiko terhadap kemungkinan terjadinya cedera sendi dan otot. Lakukan warming up (pemanasan) yang cukup sebelum latihan atau dengan cara latihan bisa dibagi menjadi 2 bagian yang dilaksanakan pada pagi dan malam.
  2. Latihan kekuatan otot dengan menggunakan beban/dumbel yang ringan, dengan gerakan berulang-ulang secepat-cepatnya  (repetisi maksimal) selama 30 detik. Untuk otot yang lain, dilakukan dengan cara yang sama setelah beristirahat selama kurang lebih 30 detik. Secara bertahap, periode istirahat harus dikurangi dan beban dapat ditambah.
  3. Latihan kelenturan dilakukan dengan peregangan, baik sambil posisi berdiri maupun duduk. Bisa dengan alat bantu latihan, misalnya kursi, meja, dinding dan sebagainya.

Coba untuk direnungkan pernyataan dari seorang pakar kesehatan AS ini, bahwa tidak berolahraga sama bahayanya dengan merokok. Jadi, jika untuk alasan kesehatan anda telah berhenti merokok, sedangkan untuk alasan yang sama aktivitas fisik apa yang telah anda lakukan?

Jadi, sesibuk apapun Anda, luangkan waktu berolahraga yang cukup demi menjaga kebugaran tubuh.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply