Langkah-Langkah Manicure-Pedicure Sendiri

Kuku-kuku tangan dan kaki perlu dirawat.Selain untuk kecantikan,juga untuk meminimalkan kuman dan bakteri menempel pada ujung-ujung jari dan kuku.

Menicure-pedicure selain dilakukan di salon,dapat dilakukan sendiri di rumah.Sebelum mulai beraksi seperti seorang manicurist andal,mari simak beberapa langkah berikut.

  1. Cat kuku yang masih menempel dibersihkan dulu.Lalu rendam tangan atau kaki dalam air hangat.Tambahkan sedikit sabun cair dan gunakan sikat lembut yang membantu menghilangkan kuman-kuman yang masih menempel.
  2. Angkat dan keringkan tangan atau kaki.Lalu berikan krim khusus untuk melembutkan tangan atau kaki dan kuku.
  3. Kuku tangan atau kaki dipotong sesuai dengan panjang serta bentuk yang diinginkan.Ujung kuku yang masih kasar dan tajam rapikan dengan pengikir kuku.Pengikir digerakkan ke satu arah.Jika bolak-balik mengakibatkan ujung-ujung kuku mudah pecah.
  4. Kutikula dibersihkan dan dirapikan dengan mendorongnya masuk,untuk mengurangi kutikula muncul dan tumbuh keluar dari sela-sela kuku.Dapat dilakukan dengan alat khusus atau cukup didorong dengan jari-jari tangan yang lain.Lakukan perlahan agar tidak terjadi infeksi pada daerah tumbuhnya kuku,dan agar tidak meninggalkan goresan di permukaan kuku.
  5. Untuk jari kaki,setelah kuku bersih,rendam lagi kaki ke dalam air dan kapalan yang ada di tumit dan di bawah jari dibersihkan dengan batu apung.
  6. Agar kuku halus berkilat,gunakan nail buffer pada permukaan kuku,gerak ke satu arah.Jika mau,oleskan cat kuku warna favorit.Hasilnya,jari-jari yang cantik membuat tambah percaya diri dan seksi.