Hasri Ainun Habibie Meninggal Dunia

Innalilahi Wainailahi Rojiun.

Mantan ibu no.1 Indonesia Asri Ainun Habibie meninggal dunia pada usia 72 tahun. Beliau meninggal pada hari Sabtu tanggal 22 Mei 2010, pukul 17.35 waktu Munich Jerman, atau pukul 22.30 WIB.

Menurut penjelasan dari Fannie Habibie, yakni adiknya BJ Habibie melalui sambungan wawancara langsung Metro TV,  beliau meninggal dunia karena mengidap kanker colon atau kanker usur besar, dan mulai kritis sejak satu setengah bulan yang lalu dan sudah mendapatkan operasi lebih dari 10kali. Dan sejak 3 minggu yang lalu, Ibu Ainun mendapatkan tindakan ditidurkan, istilahnya knockdown oleh tim dokter di Jerman agar tidak merasakan sakit dari penyakitnya.

Sebelumnya, beliau juga pernah menderita lemah jantung dan tumor di paru-parunya dan dirawat sejak tanggal 24 Maret lalu di Ludwig-Maximilians-Universitat, Klinikum Gro`hadern, Munchen, Jerman.

Rencananya jenazahnya akan dipulangkan ke Indonesia hari selasa tanggal 25 Mei 2010 dan tiba pada hari rabu pagi hal ini dikarenakan pengurusan dokumen dan bersamaan dengan hari libur Jerman pada hari senin, yang mengakibatkan terhambatnya pengurusan dokumen tersebut. Dan beliau juga rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Terlahir dengan nama Hasri Ainun Besari di Semarang pada tanggal 11 Agustus 1937, setelah lulus dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia, beliau pernah bekerja di Rumah sakit Cipto Mangunkusumo. Dan kemudian bertemu dengan BJ Habibie dan menikah pada 12 Mei 1962,  dikaruniai 2 orang putra Ilham Akbar dan Thareq Kemal , serta empat cucu.