Bio Pore, Cara Sederhana Melestarikan Air

Save the water

Save the water

Ditengah gencar-gencarnya slogan Go Green, mulai terdengar satu metode baru untuk pelestarian air yaitu Bio Pore. Apakah Bio Pore?  Bio Pore adalah metode penangkapan air hujan dengan mengkondisikan organisme dalam tanah untuk membuat pori-pori di dalam tanah. Pembuatan  Bio pore sendiri mudah dan sederhana, bahkan ibu-ibu pun dapat membuat sendiri di halaman rumah. Selain itu manfaatnya juga banyak, selain menangkap dan menahan air hujan dalam tanah, juga sebagai alternatif dari pembuangan sampah organik, membuat tanah menjadi subur karena menghasilkan kompos, mencegah banjir, dan membuat kualitas air tanah menjadi baik.

Bagaimana cara membuat Bio Pore? Salah satu nilai plus dari pembuatan Bio Pore adalah dapat dilakukan di lahan yang terbatas, karena ukurannya yang relatif kecil, hanya membutuhkan  lahan 10 – 30 cm (diameter) dengan kedalaman  70 – 100 cm. Caranya, buat lubang dengan ukuran diameter 10 – 30 cm dengan kedalaman 70 – 100 cm, lalu isi dengan sampah organik (sisa makanan, sisa olahan sayuran atau buah, dll), serta sampah dedaunan. Lubang ini perlu diisi terus dengan sampah organik karena seiring dengan waktu sampah yang berada di lapisan bawah akan melunak .Untuk  keamanan, pinggiran lubang bisa diberi lapisan semen dan lubang ditutup menggunakan plastik atau kaleng yang tentunya sudah dilubangi agar air hujan bisa masuk ke dalam lubang.

Bagaimana mekanisme kerja bio pore? Sampah-sampah organik dalam lubang bio pore akan  mengundang organisme-organisme dalam tanah, organisme ini akan membuat lubang pori-pori kecil dalam tanah pada saat mereka mengolah sampah organik. Pada saat hujan turun, lubang pori-pori kecil ini akan terisi oleh air. Dengan demikian air hujan air akan lebih cepat terserap oleh tanah karena langsung mengisi lubang pori-pori tersebut.

Satu hal yang menarik dari metode Bio Pore ini adalah ditemukan oleh Dr. Kamir Pariadin Broto, Msc. dari Institut Pertanian Bogor. Jadi dibuat oleh orang Indonesia yang tentunya cocok untuk diterapkan di lingkungan kita. Yuk, buat Bio Pore di rumah!