Cantik Pasca Melahirkan

melahirkanAda beberapa tahap yang bisa dilakukan seorang ibu untuk mempertahankan kecantikannya pasca melahirkan, diantaranya :

1. Mayonggo Setro

Sebuah latihan senam untuk mengatasi pegal-pegal tubuh. Senam yang menggali segenap energi tubuh dan jiwa ini memberikan efek kesegaran bagi tubuh.

2. Hidrofil

Menyeka seluruh tubuh dengan handuk panas. Berfungsi membuka pori-pori dan memberikan efek relaksasi pada kulit dan beberapa jaringan tubuh yang lain.

3. Scrub

Setelah dibersihkan, kemudian tubuh digosok dengan scrub. Scrub berfungsi membuang toksin yang berasal dari sel kulit mati, dan membersihkan kotoran. Kemudian scrub diangkat dengan handuk panas, dan dibersihkan dengan air.

4. Steam

Penguapan berfungsi untuk membuka pori-pori kulit agar kotoran lebih mudah untuk diangkat. Untuk wanita yang masih dalam tahap nifas, tidak diperkenankan melalui tahap ini. Tahap ini baru bisa dilakukan usai masa nifas.

5. Masase

Pijatan dengan menggunakan minyak aroma terapi dilakukan dengan gerakan lembut ke seluruh tubuh. Pijatan ini memberikan efek mengendurkan ketegangan sistem kerja organ tubuh dan syaraf yang tegang akibat kontraksi saat melahirkan.

6. Masker Dengan Parem

Setelah dipijat, seluruh tubuh dimaskeri dengan parem. Parem memberikan efek menghangatkan pada seluruh tubuh. Bersamaan dengan itu, di kening dipakaikan pilis, ramuan tradisional yang akan memberikan efek memperlancar aliran darah, menghentikan insomnia, dan mengatasi kelelahan.

7. Mandi Herbal

Langkah selanjutnya, bersihkan parem dengan mandi. Setelah parem terangkat, tahap selanjutnya adalah berendam di bath up dengan ramuan herbal.