Kepala Peyang Pada Bayi

artikel2-bayi-peyangBentuk kepala bayi bisa mengalami perubahan sejalan dengan pertumbuhannya. Namun kebiasaan tidur yang hanya berada pada satu posisi saja secara terus menerus akan berakibat buruk pada pembentukannya.

Kebiasaan tidur yang salah seperti inilah menyebabkan bentuk kepala bayi  yang masih rapuh ini menjadi tidak sempurna yang biasa kita sebut “peyang” atau Flat Head Syndrome. Pemandangan kepala bayi yang peyang dapat dilihat dengan jelas. Kebiasaan lain yang juga menjadi penyebab adalah kebiasaan-kebiasaan bayi yang sulit untuk dikontrol secara terus menerus di dalam box bayi, bantal yang digunakan, atau yang lainnya.

Ada juga penyebab alami kepala peyang yang dibawa bayi sejak lahir yaitu Craniosynostosis . Craniosynostosis adalah suatu keaddan dimana pembentukan tengkorang kepala bayi terbentuk secara prematur.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu untuk mencegah terjadinya “kepala peyang” pada bayi, antara lain :

  • Gendong dengan cara yang menurut anda lebih baik. Setelah terbangun dari tidurnya, gendong dan angkat kepala si bayi. Hal ini membantu meringankan beban tumpuan pada kepala sang bayi.
  • Jika sudah waktunya tertelungkup, dengan pengawasan ibu yang ketat temanilah sang buah hati untuk tertelungkup agar tidak terus menerus pada posisi tidur terlentang.
  • Pada saat menggendong ubahlah posisi kepala sang buah hati dengan cara memindahkan gendongan ke sisi tangan yang lain.
  • Apabila anda kreatif, lakukan suatu pengalihan perhatian agar pusat penglihatan sang bayi tidak hanya tertuju pada satu arah tapi dialihkan pada titik lain atau titik perhatian yang berlawanan dari yang sebelumnya.
  • Jangan memaksakan bayi pada posisi duduk kecuali jika si bayi sudah mampu melakukannya sendiri.

Kepala yang peyang atau flat head syndrome tidak mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak namun tampilan fisik kepala buah hati anda akan terganggu. Untuk itu jaga dan rawatlah buah hati anda agar tumbuh sempurna.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN