Sakit Punggung

Tanpa disadari, kegiatan yang sehari – hari biasa dilakukan bisa menimbulkan penyakit, dan apabila kebiasaan buruk itu tetap saja dilakukan, akan menimbulkan suatu efek yang tidak baik bagi perkembangan kesehatan. Penyakit punggung, ada beberapa kebiasaan yang dapat menimbulkan penyakit punggung, antara lain:

1. Duduk dalam waktu lebih dari satu jam

Sebagai pekerja yang mengharuskan duduk di depan komputer kurang lebih 8 (delapan) jam sehari, hal tersebut bisa menimbulkan sakit punggung, karena duduk memberikan penekanan pada tulang belakang 40% lebih banyak dibandingkan saat tubuh dalam posisi berdiri. Untuk itu cobalah berjalan setiap 2o menit dan cobalah se-sekali duduk dalam posisi 135 derajat, sudut tersebut bisa mengurangi kompresi dari cakram di tulang belakang.

2. Sering mengangkat beban berat

Membawa beban berat dengan menggunakan tas tangan atau dengan menggunakan bahu, akan menyebabkan posisi bahu yang tak seimbang dan berefek kurang baik untuk tulang punggung. Jadi, usahakan membawa beban dalam kapasitas berat yang normal.

3. Banyak menonton televisi

Terlalu lama berada di depan televisi, akan menyebabkan punggung anda diam dan tidak bergerak, terkadang acara menonton televisi dibarengi dengan makan dan minum sehingga terbawa suasana yang menyebabkan malas untuk bergerak, hal tersebut dapat berefek negatif pada punggung, cobalah untuk melakukan kegiatan sederhana saat nonton, seperti mengganti channel televisi tidak menggunakan remote-control sehingga memaksa anda untuk beralih dari tempat duduk dan berjalan.

4. Menggunakan Sepatu hak tinggi

Beberapa argumen mengatakan bahwa wanita identik dengan sepatu hak tinggi, karena dengan menggunakan sepatu hak tinggi, wanita terlihat lebih anggun, sehingga tak jarang banyak dijumpai kebiasaan wanita menggunakan sepatu hak tinggi. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan sakit punggung, sepatu hak tinggi membuat kaki dalam posisi tidak stabil dan berdampak nyeri pada otot punggung. Sangat disarankan untuk tidak memakai sepatu hak tinggi dalam perjalanan jauh atau dalam durasi yang lama.