Merawat Kecantikan Kulit Wajah Dengan Jagung

Mau cantik tapi biayanya murah? Sudah pasti semua wanita menginginkannya. Salah satunya menggunakan bahan-bahan alami dari alam yang bisa diperoleh dengan mudah. Jagung oleh masyarakat kita sudah umum diketahui sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung unsur karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi.Tapi manfaat jagung sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit tentunya belum banyak yang mengetahui atau lazim menggunakannya sebagaimana orang-orang menggunakan alpukat, tomat, atau bahan makanan alami lainnya.

Menurut para ahli kesehatan dengan mengkonsumsi jagung secara teratur, kandungan zat prokaroten (protein, karbohidrat dan sedikit lemak) dalam jagung akan tersimpan di jaringan kulit, sehingga akan berfungsi sebagai pelindung terhadap sinar ultra violet. Selain itu menurut seorang herbalis dari Klinik Herbal Pondok Indah, dokter Agus Rahmadi, kandungan zat dalam jagung yang dapat menarik minyak, juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Tidak hanya buah jagungnya saja tapi juga rambut jagungnya bisa di gunakan sebagai obat jerawat.

Jenis jagung yang baik untuk digunakan dalam merawat kecantikan kulit wajah adalah, jagung muda karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi, dan bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, saran para ahli, sebaiknya ditambahkan madu dalam campuran masker tersebut agar selain berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit, masker itu juga dapat mencegah infeksi dan membunuh kuman yang menempel di kulit dengan adanya campuran madu tadi.

Proses pembuatan masker jagung ini cukup mudah, yaitu parut atau tumbuk satu buah jagung muda hingga halus, lalu dicampurkan dengan dua sendok makan madu. Sebelum dipakai, basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan masker, diamkan beberapa saat hingga mengering. Terakhir bersihkan wajah dengan air hangat sampai sisa – sisa masker bersih, lalu basuh kembali dengan air dingin untuk menutupi pori-pori wajah.