Sumpah Pemuda 28 Oktober

bendera1

Semangat perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka pada saat dulu tidak pernah padam. Perlawanan persenjataan yang gagal, diubah dengan menjadi perlawanan berorganisasi, yaitu dengan membentuk perkumpulan-perkumpulan pemuda. Organisasi tersebut antara lain : Jong Java (Pemuda Jawa), Jong Sumatranen Bond (Pemuda Sumatra), Jong Ambon (Pemuda Ambon), Sekar Rukun (Pemuda Sunda), Pemuda Kaum Betawi.

Organisasi kepemudaan ini masih bersifar kedaerahan dan masih kurang menunjukkan rasa persatuan. Kemudian diadakan Kongres Pemuda I tanggal 30 April 1926. Dalam pembicaraannya masih menonjol sifat kedaerahannya sehingga masih sulit untuk membentuk kebulatan tekad dalam mencapai Indonesia bersatu.

Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 berlangsung dengan semangat persatuan dan kebangsaan. Dalam kongres ini Sugondo Joyopuspito terpilih sebagai ketua dan Moh.Yamin sebagai sekretaris. Kongres bertempat di Gedung Kramat 106 Jakarta.

Semangat persatuan dan kebangsaan semakin menggelora di hati para pemuda setelah mendengar lagu “Indonesia Raya” oleh Wage Rudolf Supratman, dengan gesekan biolanya. Dan itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dinyanyikan. Bendera merah putih tidak dapat dikibarkan dalam kongres karena dilarang oleh pemerintah Belanda.

Kemudian diambil keputusan yang dikenal dengan “Sumpah Pemuda” yang bunyi nya :

  • Pertama : Kami putra dan putri Indonesia bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  • Kedua : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  • Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Melalui isi Sumpah Pemuda memberi semangat dalam merebut dan mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, antara lain : nilai persatuan dan kesatuan, nilai kebersamaan, nilai cinta tanah air.

Masih adakah semangat tersebut sampai saat ini. Apa yang dapat dikatakan kalau kita masih melihat pelajar saling berkelahi (tawuran), warga masyarakat saling menyerang antar kampung, antar suku masih saling membenci. Akankah semangat persatuan itu terus terpeliharaan? Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia, dengan saling mempererat rasa persaudaraan satu bangsa.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN