Prediksi Gempa Bumi Besar

Gempa bumi menjadi momok menakutkan bagi bangsa ini. Dimulai sejak Tsunami 2004, gempa-gempa besar bersusulan menerjang tanah air. Sumatera, Jawa, Sulawesi, bergiliran menerima getaran gempa. Bahkan dalam 2 bulan terakhir, tak kurang dari 4 gempa besar menerjang tanah air, yaitu Tasikmalaya, Padang, Jambi, dan terakhir di Papua.

Dalam setiap kejadian gempa bumi besar, selalu diiringi fenomena aneh, yaitu beredarnya emai dan sms yang berisi ‘prediksi’ akan hadirnya gempa besar susulan, yang bahkan kali ini akan jauh lebih besar. SMS dan email itu begitu meyakinkannya, sehingga tak sedikit masyarakat yang mempercayai dan ketakutan karenanya.

Sebenarnya, mungkinkah gempa di-prediksi? USGS (US Geological Survey), dalam FAQ nya menyatakan bahwa : tidak ada scientist yang mampu meramalkan gempa bumi besar. Berdasarkan data scientific, probabilitas dapat dihitung untuk memperkirakan gempa bumi potesial di masa mendatang. Misalnya, gempa besar dapat terjadi dalam 30 tahun mendatang di suatu tempat. Namun mereka tidak tahu dan tidak dapat memperkirakan waktu tepatnya kapan gempa itu akan terjadi (http://earthquake.usgs.gov/learning/faq/?faqID=13).

Dampak issue-issue yang diedarkan tersebut bisa menjadi sangat siginifikan, terlebih di saat masyarakat baru saja dikejutkan oleh tragedy gempa bumi yang memakan banyak korban jiwa. Dalam kurun waktu 1 minggu ini, sejak gempa Sumatera terjadi, ada beberapa sekolah di Jawa Timur diliburkan dan beberapa perusahaan di tempat yang sama juga memulangkan karyawannya, akibat adanya issue akan terjadinya gempa besar di Jawa Timur.

Ironi sekali. Bijaklah dalam menerima berbagai informasi.

Seputar gempa, informasi dapat diperoleh di : www.bmg.go.id atau di www.usgs.gov

Tags:

Leave a Reply