Mengenal Kepribadian Melalui Tulisan Tangan

Tulisan Tangan dan KepribadianTulisan tangan seseorang ternyata bisa digunakan untuk mengenali kepribadian seseorang. Secara umum ternyata ada kecenderungan pola yang yang dibuat seseorang dalam menulis. Berikut adalah beberapa tips untuk memahami kepribadian seseorang berdasarkan tulisan tangannya.

Pertama perhatikanlah secara keseluruhan sebuah dokumen yang ditulis tangan. Apakah membentuk barisan yang lurus, bergelombang, menurun atau menanjak.

Jika baris tulisan lurus dan mantap, hal itu menunjukkan kepribadian yang tenang,tegas, percaya diri dan dapat menguasai diri. Karakter seperti ini tentunya sangat diinginkan dari setiap orang. Sedangkan jika barisan tulisan bergelombang, menunjukkan kepribadian yang tidak sabar, spontan, temperamental dan tidak dapat diduga. Bisa dikatakan memiliki kepribadian yang sangat berlawanan dengan seseorang yang memiliki tulisan tangan dengan barisan yang lurus dan mantap.

Jika baris tulisan tangan cenderung turun, dapat menunjukkan orang tersebut memiliki kepribadian yang pesimis, skeptis dan mungkin kelelahan karena kurang energi. Sebalikanya jika barisan tulisan tangan menanjak menunjukkan orang yang bersemangat, meluap-luap, gembira, kuat dan penuh harapan.

Kedua, pola yang dapat diperhatikan adalah kemiringan huruf-huruf yang ditulis. Perhatikanlah apakah rangkaian huruf-huruf yang tertulis stabil miring kiri, stabil miring kanan, konsisten tegak atau malah campuran ketiganya. Analisanya adalah sebagai berikut. Jika tulisan stabil miring kiri dapat menunjukkan kepribadian yang cukup nyaman dengan dirinya sendiri, mampu menutupi emosinya, pernah memiliki masalah di awal kehidupannya, solid, memiliki kemampuan yang kuat untuk mengendalikan emosi dan cenderung berpikir sebelum bertindak. Sedangkan jika tulisan stabil miring kanan menunjukkan seseorang yang tidak terkekang, percaya diri, kadang tidak sensitif, juga terkadang tidak bijaksana, mudah bergaul dan mempunyai pandangan hidup yang positif.

Jika tulisan tegak dengan konsisten, dapat dikatakan orang tersebut memiliki kepribadian yang perilakunya sering dibatasi, aktor yang baik dalam menyembunyikan perasaan, tidak impulsif, lebih senang mengamati dibandingkan terlibat, namun bisa diandalkan dan konsisten.

Yang terakhir, jika ditemukan pola campuran antara miring kiri,miring kanan dan tegak, menunjukkan seseorang dengan kepribadian ganda, sulit mengambil keputusan, kurang mengenal jati diri, sering berubah pikiran, tidak konsisten sehingga sulit diduga arah perilakunya.

Disadur dari : Media Wanita Aura No.35/Th XIII