Hari Batik Nasional

Jakarta (khususnya) hari ini diseragami oleh busana batik. Baik yang memang sudah jadi seragam wajib tiap hari Jum’at maupun karena pengumuman mengenai pengesahan batik sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco.

Tidaklah adil rasanya jika meng-klaim batik hanya dari salah satu suku di Indonesia ini. Karena ternyata banyak sekali daerah di Indonesia tercinta ini yang mempunyai corak batik. Batik Jogja dan Solo memang boleh dibilang lebih dahulu terkenal.

Informasi dari wikipedia, kata batik itu sendiri berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik” .  Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak – menggunakan canting atau cap – dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing. Jadi kain batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kain yang pembuatan corak dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik – biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) – bukan kain batik.

Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

Saat ini batik-batik yang banyak dipakai antara lain adalah Batik Yogyakarta, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Madura, Batik Cirebon.

Apapun batik kesukaan Anda, cintai dan hargailah seni budaya Indonesia.

Peluang Bisnis

Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN