Tips-tips selama bulan Ramadhan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, di saat bulan Ramadhan biasanya seluruh keluarga makan bersama saat sahur dan buka puasa. Pada saat ini juga para ibu biasanya kerepotan dalam menyusun menu yang pas.

Nah tips-tips dari Tabloid Saji berikut ini bisa di jadikan panduan yg pastinya sangat berguna bagi para ibu dalam menyusun menu selama bulan ramadhan.

* Menu sahur umumnya diambil dari menu makan malam yang di tambah dengan satu atau dua macam menu tambahan. Misal : kalau semalam masak ayam goreng, maka sahur pun dengan ayam goreng di tambah dengan tumisan atau sup.

*Untuk sahur, sajikan masakan berkuah bening. Contohnya : sup, soto, pindang, atau rawon.

* Jangan menggunakan bumbu yang terlalu asin agar tidak haus. Hindari makanan kalengan atau yang di awetkan karena juga banyak mengandung garam.

* Pilih sayuran yang beragam warnanya setiap hari supaya memperoleh vitamin lengkap.

* Masakan dari telur baik di sajikan saat sahur karena telur menahan rasa kenyang.

* Masakan untuk sahur tidak perlu yang berbumbu tajam, apalagi terlalu pedas.

* Tumisan bagus untuk sahur karena praktis di buat. Kombinasikan sayuran dengan tahu, tempe, atau daging-dagingan agar tidak membosankan.

* Sebelum puasa di mulai, buat atau miliki berbagai macam sirup. Sirup bisa di sajikan begitu saja atau di jadikan teman es campur atau es buah segar atau buah kaleng. Tambahkan sedikit air jeruk lemon supaya rasanya makin segar.

* Jangan menyajikan kolak dengan isi terlalu beragam. Satu atau dua macam isi sudah cukup supaya kita bisa membuat lebih banyak lagi variasi kolak. Buat saja kolak pisang, misalnya. Pada sajian kedua, kolak bisa di tambahkan kolang-kaling. Sajian lainnya, tambahkan ubi. Sedangakan sajian lainnya, masukkan pacar cina dan labu kuning, misalnya.

* Bubur manis bagus juga di suguhkan untuk buka puasa. Pilih yang ringan seperti : kacang hijau atau havermut. Buat dengan kuah encer.

* Jika sering membuat kolak dan bubur, sebaiknya sudah melarutkan gula merah untuk beberapa kali membuat kolak. Sirup gula merah juga bisa dipakai untuk membuat es. Sirup yang sudah jadi, harus di saring lalu di tempatkan dalam wadah kering dan bersih. Jangan simpan di lemari es.

* Santan juga bisa di etok. Rebus 2 liter santan bersama sedikit garam. Bagi dalam beberapa bungkus plastik. Bekukan dalam Freezer. Saat disajikan, tinggal dipanaskan.
* Siapkan juga beberapa manisan. Yang paling gampang adalah manisan kolang-kaling.

* Siapkan kering-keringan seperti : kering tempe, kentang, dendeng atau kulit pangsit. Buat kering-keringan jangan terlalu asin dan jangan terlalu pedas.
* Makanan untuk buka lebih bervariatif ketimbang sahur karena bisa di sajikan dengan berbagai bumbu. Menyusun menu buka sebaiknya ada salah satu yang bisa di sajikan saat sahur sehingga pada saat sahur kita tidak terlalu kerepotan.

Tags: , , ,

Leave a Reply